Wednesday, September 23, 2015

Manusia Sebagai Faktor Utama Dalam Dunia Industri

Dalam dunia industri ada beberapa faktor pokok yang dapat membantu suatu industri menajadi lebih baik dan lebih maju, faktor-faktor tersebut ialah modal, tanaga kerja, bahan mentah/bahan baku, transportasi, sumber energi, marketing/pemasaran hasil produksi. Modal digunakan untuk membangun aset, pembelian bahan baku, rekrutmen tenaga kerja, dan lain sebagainya untuk menjalankan kegiatan industri.


Modal bisa berasal dari dalam suatu negara serta dari luar negeri yang disebut juga sebagai penanaman modal asing (PMA). Tenaga kerja dengan jumlah dan standar kualitas yang sesuai dengan kebutuhan suatu perindustrian tentu akan membuat industri tersebut menjadi lancar dan mempu berkembang di masa depan. Tenaga kerja atau sumber daya manusia memiliki peranan yang sangat besar dalam upaya memajukan suatu industri dimana manusia yang merancang suatu ide, menerapkannya dengan memilih teknologi atau metode penerapan, memelihara, memperbaiki, dan mengembangkannya.

Ketika manusia menjadi faktor yang sangat penting, maka pengelolaan sumber daya manusia harus menjadi salah satu fokus dalam pengelolaan industri. Pengelolaan sumber daya manusia dengan baik guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi, sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM) menjadi suatu keharusan dalam suatu perusahaan atau organisasi apabila ingin lebih maju dan berkembang. Berikut elemen-elemen penting dalam manajemen sumber daya manusia:

1.      Analisis Jabatan dan Perancangan Pekerjaan
Banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan dalam suatu industri dan dilakukan oleh orang-orang yang berbeda dengan keahlian berbeda, maka sangat penting untuk mengumpulkan data tugas-tugas dan tanggung jawab yang akan dijalankan, kemampuan apadan seperti apa yang dibutuhkan, dan standar kerja seperti apa yang akan di pakai. Dengan mengumpulkan data-data tersebut maka dapat ditentukan posisi jabatan sekaligus tugas dan tanggung jawab dalam perusahaan lengkap dengan standar kerja yang akan di pakai. Melalui analisis jabatan, akan lebih jelas menentukan sumber daya manusia yang dibutuhkan. 
2.      Perekrutan
Mantan CEO Google Eric Schmidt pernah pengatakan “Untuk membangun perusahaan yang sukses di era internet seperti saat ini, perusahaan harus bisa menarik karyawan yang kreatif dan juga cerdas, lalu menciptakan lingkungan dimana mereka bisa berkembang.” Perekrutan bukan hanya sekedar mencari pegawai dengan keahlian yang cukup dan sesuai dengan posisi kosong dalam perusahaan melainkan pemilihan sumber daya manusia yang unggul yang dapat menjadi sumber daya dongkrak yang besar dalam maju dan berkembangnya perusahaan. Orang-orang yang kreatif dan cerdas baik saat bekerja dalam tim atau individu akan dapat memberikan pengaruh yang besar. Mereka dapat mengerjakan hal-hal luar biasa dengan sangat cepat, dan ini berdampak pada efisiensi perusahaan.
3.      Pengembangan
Pengembangan sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan sehingga dapat memberikan kontribusi yang optimal. Ada beberepa metode pengemabangan yang umum bisa dilakukan, diantaranya on the job training, pelatihan professional, program orientasi, dan lain-lain.
4.      Penigkatan Loyalitas
Tingginya Turn-over dalam sebuah perusahaan akan memberikan dampak buruk melalui besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mencari karyawan pengganti, ketidakstabilan bagi karyawan dan pelanggan. Melalui pembahasan diatas dan proses-proses dalam manajemen sumber daya manusia, dapat dilihat bahwa manusia adalah aset berharga dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dengan adanya loyalitas karyawan terhadap perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan akan dapat terpenuhi dan akan terus meningkat.
Dari beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya suatu industri, faktor manusia adalah salah satu yang memberikan dampak cukup besar, maka dari itu, pengelolaan sumber daya manusia yang baik yang di mulai dari analisis jabatan dan perancangan pekerjaan, perekrutan, pengembangan dan peningkatan loyalitas sebaiknya menjadi pusat perhatian dalam suatu organisai/perusahaan.

Sumber pustaka:

https://books.google.co.id/books?id=d_HHWRqvNecC&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
http://ebook.gunadarma.ac.id/s2-mm/msdm/msdm.pdf.html

http://startupbisnis.com/mantan-ceo-google-beginilah-caranya-membangun-perusahaan-bernilai-300-miliar-dollar/
http://www.managementstudyguide.com/manpower-planning.htm

http://www.bestlife.co.id/lifestyle/the.good.life/dampak.buruk.tingkat.turnover.karyawan.yang.tinggi/004/001/251

10 comments:

  1. Nama: Yusup maulana
    NIM: 41416120114

    peranan manusia dalam dunia industri adalah dimana manusia yang merancang suatu ide, menerapkannya dengan memilih teknologi atau metode penerapan, memelihara, memperbaiki, dan mengembangkannya, maka pengelolaan sumber daya manusia harus menjadi salah satu faktor dalam pengembangan industri.

    ReplyDelete
  2. Nama : Ezra Feroza
    NIM : 41617120059

    Peranan manusia dalam dunia industri ini bukan sebagai peralat suatu industri namun sebagai pencentus ide atau merancang proyek sehingga perusahaan tersebut berkembang,

    ReplyDelete
  3. Nama: Mahfudin
    Nim: 41617110014
    sumber daya manusia memiliki peranan yang sangat besar dalam upaya memajukan suatu industri dimana manusia yang merancang suatu ide, menerapkannya dengan memilih teknologi atau metode penerapan, memelihara, memperbaiki, dan mengembangkannya.

    ReplyDelete
  4. Nama: Hana Kartika
    Nim: 42317110015
    Manusia adalah aset berharga dalam sebuah perusahaan sehingga manusia adalah fakor utama dalam dunia industri yang harus di perhatikan kesejahteraanny

    ReplyDelete
  5. Nama : ricco yudistira
    Nim : 41617110077

    faktor manusia adalah salah satu yang memberikan dampak cukup besar, maka dari itu, pengelolaan sumber daya manusia yang baik yang di mulai dari analisis jabatan dan perancangan pekerjaan, perekrutan, pengembangan dan peningkatan loyalitas dunia industri

    ReplyDelete
  6. Nama : Natan
    Nim :43117110110

    Menurut pendapat saya peranan manusia dalam dunia industri adalah dimana manusia yang merancang suatu ide, menerapkannya dengan memilih teknologi atau metode penerapan, memelihara, memperbaiki, dan mengembangkannya, maka pengelolaan sumber daya manusia harus menjadi salah satu faktor dalam pengembangan industri.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  7. Nama: Nurhadi Budi Santoso.Y
    NIM: 41617110063
    Manusia adalah aset berharga dalam sebuah perusahaan sehingga manusia adalah fakor utama dalam dunia industri yang harus di perhatikan kesejahteraannya.Pengelolaan sumber daya manusia dengan baik guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi

    ReplyDelete
  8. Nama: Rosliana jhon febri s
    NIM: 43117110141
    Pengelolaan sumber daya manusia dengan baik guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi, sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM) menjadi suatu keharusan dalam suatu perusahaan atau organisasi apabila ingin lebih maju dan berkembang.
    terima kasih.

    ReplyDelete
  9. Nama : Anenaya Nurul Afifah
    NIM : 43218110265

    Menurut saya artikel ini memberikan pemahaman bahwa manusia sangat berperan penting bagi suatu manajemen perusahaan. Pengelolaan sumber daya manusia yang baik dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi dalam perusahaan.

    ReplyDelete
  10. Nama : Fadjar Imaniar
    Nim : 43117010001

    Artikel ini sangat benar, baik dan bermanfaat.

    Pengelolaan sumber daya manusia dengan baik guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi, sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia (MSDM) menjadi suatu keharusan dalam suatu perusahaan atau organisasi apabila ingin lebih maju dan berkembang

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.