Tuesday, September 29, 2015

Pelatihan dan Pengembangan Karyawan CIMB Niaga


Pelatihan dan pengembangan SDM adalah hal utama harus ada dalam sebuah manajemen. Pelatihan SDM mengacu pada serangkaian kegiatan yang memberikan peluang kepada setiap karyawan untuk mendapatkan dan meningkatkan keterampilan yang berkaitan dengan pekerjaan.
Program pelatihan SDM umumnya diberikan kepada karyawan yang baru maupun karyawan yang telah ada, tujuannya adalah agar setiap karyawan tersebut mampu menghadapi situasi – situasi yang selalu berubah.
Sementara itu program pengembangan SDM bertujuan untuk mengembangkan keterampilan untuk pekerjaan masa depan. Pengembangan SDM merupakan suatu proses pendidikan jangka panjang yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisir dimana karyawan manajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis guna mencapai tujuan umum. Program pendidikan dan pelatihan SDM merupakan upaya untuk pengembangan SDM, terutama untuk pengembangan kemampuan intelektual dan kepribadian.

Program pelatihan dan pengembangan SDM merupakan istilah-istilah yang berhubungan dengan usaha-usaha berencana, yang diselenggarakan untuk mencapai penguasaan skill, pengetahuan, dan sikap-sikap pegawai atau anggota organisasi. Pengembangan SDM lebih difokuskan pada peningkatan kemampuan dalam pengambilan keputusan dan memperluas hubungan manusia (human relation) bagi manajemen tingkat atas dan manajemen tingkat menengah sedangkan pelatihan SDM dimaksudkan untuk pegawai pada tingkat bawah (pelaksana). Sehingga diharapkan karyawan semakin terampil dan mampu melaksanakan tanggung jawabnya dengan semakin baik, sesuai dengan standar.
Dapat disimpulkan bahwa pelatihan dan pengembangan SDM adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kapasitas SDM agar bisa menjadi sumber daya yang berkualitas baik dari segi pengetahuan, keterampilan bekerja, tingkat professionalisme yang tinggi dalam bekerja agar bisa meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan dengan baik.

Tujuan Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan pengembangan SDM mempunyai tujuan yang terdiri dari beberapa tujuan antara lain:
  1. Memutakhirkan keahlian seorang individu sejalan dengan perubahan teknologi. Melalui pelatihan SDM, pelatih (trainer) memastikan bahwa setiap individu dapat secara efektif menggunakan teknologi-teknologi baru.
  2. Mengurangi waktu belajar seorang individu baru untuk menjadi kompeten dalam pekerjaan.
  3. Membantu memecahkan persoalan operasional.
  4. Mengorientasikan setiap individu terhadap organisasi.
  5. Memberikan kemampuan yang lebih tinggi dalam melaksanakan tugas dalam bekerja.
  6. Meningkatkan tingkat professionalisme para karyawan.
CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 97,94% saham CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group. Bank ini menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 968 jaringan kantor per 30 September 2012, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 608, Mikro Laju sebanyak 314, kantor kas dan payment point sebanyak 46. CIMB Niaga memiliki lebih dari 14.000 karyawan yang tersebar di seluruh Tanah Air. Jika berbicara dari sisi sumber daya manusia (SDM). Pengelolaan SDM yang baik menjadi faktor yang sangat penting. Karena, SDM merupakan tulang punggung dalam menjalankan roda kegiatan operasional perusahaan. SDM yang berkualitas, bisa memberikan kontribusi yang penting terhadap pertumbuhan dan pencapaian sukses bisnis CIMB Niaga. Untuk meningkatkan kualitas SDM, CIMB Niaga telah mengadakan pelatihan baik di internal maupun eksternal, yang bisa mengembangkan potensi karyawan untuk bersama-sama mengembangkan CIMB Niaga dalam mencapai prestasi yang lebih baik lagi.
CIMB Niaga menunjukkan komitmennya untuk mengembangkan potensi dan kompetensi karyawan secara optimal melalui berbagai program pelatihan, pendidikan, dan pengembangan yang dilakukan secara terus menerus. Berbagai program pelatihan dan pendidikan yang dirancang, dikembangkan, dan disampaikan kepada karyawan merupakan sarana yang digunakan CIMB Niaga untuk meningkatkan kualitas karyawan agar dapat berkembang bersama-sama CIMB Niaga demi menjawab tantangan dunia perbankan yang semakin kompleks dan ketat. Ada 2 fokus utama yang menjadi sumber dari berbagai aktivitas-aktivitas pelatihan dan pendidikan, yaitu :
  • Memajukan Intellectual Capital untuk mencapai keunggulan kompetitif CIMB Niaga.
  • Mengembangkan sebuah Learning Organisation.
Prinsip-Prinsip Belajar
Prinsip-prinsip belajar yang ada terdiri dari 3 hal yaitu :
  • Setiap karyawan bertanggung jawab untuk terus menerus belajar demi kepentingan pengembangan diri dan perusahaan.
  • Untuk menunjang pengembangan karyawan, alokasi berbagai sumber daya harus dilakukan secara optimal.
  • Kreativitas dan inovasi dapat dikembangkan melalui lingkungan dan situasi belajar yang kondusif.
Program Pelatihan dan Pendidikan CIMB Niaga
Program Pelatihan dan Pendidikan CIMB Niaga ditetapkan terdiri dari 2 kelompok besar yaitu :
  1. Program Inti (CIMB Niaga Learning Core Program) :
    Merupakan program-program utama CIMB Niaga yang menjadi kerangka dan acuan berbagai program pelatihan dan pendidikan di CIMB Niaga.
  2. Program Tambahan (CIMB Niaga Additional Learning Program) :
    Merupakan program-program yang tidak termasuk dalam program inti namun dipandang perlu untuk melengkapi program inti.
Evaluasi Efektivitas Pelatihan Dan Pendidikan
Pendekatan evaluasi yang digunakan adalah melakukan evaluasi terhadap setiap program dengan 5 tingkatan evaluasi yang ditetapkan berbeda sesuai tujuan masing-masing program. Hasil evaluasi pada satu tingkatan dapat mempengaruhi hasil evaluasi pada tingkatan yang lebih tinggi. Walaupun demikian, dalam menetapkan hasil suatu evaluasi tetap harus diperhatikan faktor-faktor lain yang kiranya dapat mempengaruhi hasil suatu pelatihan atau pendidikan dan tidak selalu dapat dikontrol.
Adapun 5 tingkatan evaluasi dimaksud mulai dari tingkatan yang paling rendah sampai dengan yang paling tinggi adalah :
Tingkatan 1
:
Evaluasi Reaksi (Reaction).
Tingkatan 2
:
Evaluasi Belajar (Learning).
Tingkatan 3
:
Evaluasi Tingkah Laku (Behavior).
Tingkatan 4
:
Evaluasi Hasil (Results).
Tingkatan 5
:
Evaluasi Return On Training Investment (ROTI).
PROGRAM PENDIDIKAN EKSEKUTIF

Program Pendidikan Eksekutif merupakan program pendidikan bagi calon Karyawan Pimpinan Junior CIMB Niaga. Program ini dirancang dan diselenggarakan oleh Bank Niaga untuk memenuhi kebutuhan akan Karyawan Pimpinan Junior sebagaimana kualifikasi dan kompetensi yang ditetapkan.

Bentuk Program

Program Pendidikan Eksekutif CIMB Niaga terdiri dari 2 bentuk yaitu :
  • Program Pendidikan Eksekutif
    Merupakan program dengan peserta yang berasal dari luar CIMB Niaga. Calon peserta diseleksi sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan CIMB Niaga.
  • Program Pendidikan Khusus
    Merupakan program dengan peserta yang berasal dari dalam CIMB Niaga. Calon peserta adalah para karyawan Clerk yang setelah melalui proses seleksi sesuai standar CIMB Niaga dinilai memenuhi kualifikasi sebagai calon Karyawan Pimpinan Junior CIMB Niaga.
Materi yang diberikan dalam program ini meliputi:
  1. Professional Development
  2. Dasar-dasar Perbankan
  3. Basic Accounting
  4. Pengantar Teknologi Informasi
  5. Treasury
  6. Risk Management & Audit Control
  7. Operation & Service
  8. Operation & Administration
  9. Ekspor Impor
  10. Marketing Credit
PROGRAM SERTIFIKASI

Program Sertifikasi merupakan suatu program bertujuan memvalidasi penguasaan karyawan akan suatu pengetahuan atau ketrampilan. Sertifikat yang diberikan kepada karyawan untuk program bersangkutan menjelaskan bahwa penguasaan karyawan atas pengetahuan atau ketrampilan bersangkutan telah memenuhi standar yang ditetapkan berdasarkan hasil validasi melalui keikut-sertaan dan evaluasi atas peserta dalam program.

PENGELOLAAN PENGETAHUAN

Pengelolaan Pengetahuan merupakan pengelolaan atas berbagai pengetahuan dan berbagai proses yang dapat meningkatkan pengaruh pengetahuan terhadap kemampuan bersaing CIMB Niaga. Dengan melakukan pengelolaan pengetahuan, diharapkan CIMB Niaga dapat memperoleh dan memanfaatkan berbagai pengetahuan penting, lalu mengembangkannya sedemikian rupa dan membuatnya dapat dimanfaatkan secara efektif oleh berbagai pihak yang membutuhkan. Pengetahuan tersebut dapat dieksploitasi secara kreatif dan memberikan nilai tambah terhadap tugas-tugas yang harus dilakukan perusahaan.
Adapun yang disebut pengetahuan adalah kombinasi data dan informasi, termasuk pendapat para ahli, ketrampilan, dan pengalaman, yang pada akhirnya dapat digunakan untuk membantu proses pengambilan keputusan. Pengetahuan itu sendiri dapat bersifat eksplisit atau tidak diungkapkan (tacit) dan individual atau kolektif.

Pelaksanaan

Aktivitas pengelolaan pengetahuan CIMB Niaga dilakukan dalam bentuk-bentuk yaitu :
  • Melakukan sentralisasi berbagai pengetahuan yang ada di CIMB Niaga yang dibutuhkan untuk menunjang pencapaian Intellectual Capital di CIMB Niaga. Dengan dilakukannya sentralisasi pengetahuan yang ada, CIMB Niaga melakukan penyimpanan atas pengetahuan yang dipersyaratkan harus dikuasai oleh seluruh karyawan.
  • Mengembangkan program-program untuk menyebarkan berbagai pengetahuan yang dipandang penting bagi karyawan CIMB Niaga, baik yang dapat dilakukan langsung oleh karyawan ataupun melalui berbagai media yang ada.
  • Mengolah berbagai informasi, terutama secara elektronik, untuk menunjang penyebaran pengetahuan secara lebih cepat dan akurat.
  • Mengumpulkan berbagai pengetahuan mengenai stakeholder, termasuk nasabah, untuk menunjang pengambilan keputusan dalam berbagai bidang demi pencapaian sasaran bisnis perusahaan.
  • Melakukan evaluasi-evaluasi atas kemampuan pengetahuan individu dan organisasi demi efektivitas pengelolaan pengetahuan yang optimal.
MANAGEMENT FORUM PROGRAM
Dalam upaya memperluas wawasan atau meningkatkan pengetahuan karyawan atau untuk pencerahan gagasan, disamping memperkuat budaya belajar dalam perusahaan, CIMB Niaga mengadakan suatu bentuk aktivitas belajar yang disebut Management Forum Program.

Bentuk Program
Adapun bentuk-bentuk dari Management Forum Program adalah sebagai berikut :
  • Bedah Buku
  • Leadership Session
  • Management Up Date
ON THE JOB TRAINING PROGRAM
On the Job Training merupakan suatu bentuk pelatihan dan pengembangan melalui aktivitas belajar di suatu unit kerja dimana karyawan ditugaskan untuk mempelajari aktivitas (-aktivitas) unit kerja bersangkutan. Adapun tujuan dari On The Job Training adalah untuk kepentingan baik meningkatkan pengetahuan ataupun ketrampilan yang dibutuhkan karyawan dalam pelaksanaan tanggung jawab tugasnya ataupun untuk mempersiapkan karyawan menerima tanggung jawab tugas yang lebih tinggi tingkatannya.

MORNING BRIEFING 
Morning Briefing merupakan salah satu bentuk pembelajaran yang dilakukan pada pagi hari sebelum jam kerja dimulai dan dalam waktu yang relatif pendek bertujuan untuk mengingatkan kembali secara singkat kepada karyawan mengenai suatu pengetahuan atau ketrampilan berkaitan dengan pelaksanaan tugas di CIMB Niaga.

REFRESHING COURSE 
Refreshing Course merupakan salah satu bentuk pembelajaran bertujuan mengingatkan atau menyegarkan kembali penguasaan karyawan akan suatu pengetahuan atau keterampilan berkaitan dengan pelaksanaan tugas karyawan

Daftar Pustaka
·         www.cimbniaga.com
·  Arifin.J dan A.Fauzi.2007.”Manajemen Sumber Daya Manusia”.Jakarta:PT.Elex Media Komputindo.
·    Manullah,Marihot.2006.”Manajemen Personalia Edisi ketiga”, Cetakan ke 5, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
·  Marwansyah.2010. “Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi kedua”, Cetakan ke 1, Bandung: CV ALFABETA.
·         Rivai ,Veithzal.2006.”Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: PT.Grafindo Persada.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.