Monday, September 28, 2015

Pelatihan & Pengembangan SDM ASTRA

Perkembangan dan pertumbuhan perusahaan mempersyaratkan ketersediaan sumber daya manusia yang andal. Upaya menyediakan sumber daya tersebut dapat diperoleh   melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Sumber daya manusia yang berkualifikasi menurut kebutuhan perusahaan dapat diperoleh melalui program pelatihan dan pengembangan karyawan. Pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan faktor yang mendorong tercapainya kompetensi karyawan sehingga dapat memberikan kinerja terbaik pada perusahaan, yang pada akhirnya kemajuan dan kesuksesan perusahaan dapat dicapai.

  Pelatihan dan pengembangan adalah usaha yang terencana dari organisasi atau perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan pegawai. Pelatihan lebih ditekankan pada peningkatan kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang spesifik pada saat ini. Sedangkan pengembangan lebih ditekankan pada peningkatan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan di masa yang akan datang.

Berikut beberapa pengertian yang disampaikan oleh beberapa ahli :
1.       Wexley & Yukl
Pelatihan dan pengembangan diartikan sebagain istilah – istilah yang berhubungan dengan  usaha-usaha berencana, yang diselenggarakan untuk mencapai penguasaan skill, pengetahuan dan sikap-sikap pegawai atau anggota organisasi
2.       Mariot Tua Efendi H
Pelatihan dan pengembangan merupakan 2 konsep yang sama, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan kemampuan.
3.       H. Malayu S.P. Hasibuan
Pengembangan adalah suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan atau jabatan melalui pendidikan dan pelatihan.




  Dalam filosofi astra yang tertuang dalam catur dharma dan juga dalam salah satu visinya yaitu menjadi salah satu perusahaan dengan pengelolaan terbaik di Asia Pasifik dengan penekanan pada pertumbuhan yang berkelanjutan dengan pembangunan kompetensi melalui pengembangan sumber daya manusia, struktur keuangan yang solid, kepuasan pelanggan dan efisiensi. Astra mengerti akan pentingnya pelatihan dan pengembangan untuk membantu mewujudkan visi dan filosofi perusahaan.

  Astra memiliki Astra Management Development Institute (AMDI) sebagai tempat untuk proses belajar atau knowledge management yang merupakan bukti komitmen Astra untuk menyediakan pelatihan terbaik untuk karyawannya. AMDI menawarkan kursus pelatihan yang luas untuk setiap level manajemen mulai dari trainee, supervisor, sampai manajemen senior.

  Astra menerapkan Value Implementation system di mana tahapannya adalah dengan cara set-up value, set up system and set up behavior. Set up value adalah tahapan bagaimana memetakan nilai-nilai apa saja yang menjadi landasan dari kegiatan bisnis Astra dalam hal ini astra memiliki catur dharma. Set up system adalah tahapan pembentukan sistem agar nilai yang sudah ditetapkan bisa diimplementasikan secara terus menerus secara berkesinambungan. Set-up Behavior adalah tahapan pembentukan Catur Dharma sebagai value Astra menjadi corporate culture yang membudaya di seluruh Astra Group.

Selain dalam hal value implementation system, peran AMDI demi menjadikan Astra sebagai salah satu talent & knowledge enterprise terbaik di asia pasifik yaitu melalui leadership development program. AMDI mengembangkan program mulai dari level basic sampai advanced. Program tersebut adalah Astra Basic Management Program (ABMP), Astra First Line Management Program (AFLMP), Astra Middle Management Program (AMMP), Astra Senior Management Program (ASMP), Astra General Management Program (AGMP), Astra Executive program (AEP) dan Astra Advanced Executive Program (AAEP).

  Poin lainnya yang menjadi fokus AMDI dalam hal pelatihan dan pengembangan yaitu Knowledge Management (KM). beberapa tahapan yang dilakukan oleh AMDI dalam lingkup Knowledge Management, yaitu :
1. 
Knowledge Acquisition, merupakan tahapan bagaimana mengakuisisi knowledge yang ada di organisasi. Akuisi ini dalam lingkup Internal meliputi best KM practices, best expert dan lingkup external meliputi cutting edge knowledge, tools & methods and best provider.
2. 
Knowledge Storage, merupakan tahapan untuk menyimpan knowledge-knowledge yang sudah diakuisisi tersebut sehingga bisa terdokumentasi dengan baik.
3. 
Knowledge Dissemination, merupakan tahapan untuk mengolah knowledge yang sudah diakuisisi, bisa dalam bentuk learning event, program project, strategic study ataupun case study.
4. 
Knowledge Application, merupakan tahapan yang sangat penting dimana knowledge yang sudah diolah diaplikasikan untuk kemajuan perusahaan dalam bentuk excellence strategy, excellence organization ataupun excellence people.

Daftar pustaka :
1. Hariandja, Marihot Tua Efendi (2002), Manajemen Sumber Daya Manusia : Pengadaan, Pengembangan, Pengkompensasian dan Peningkatan Produktivitas Pegawai, Grasindo Widiasarana Indonesia, Jakarta
2. Hasibuan, Malayu S.P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
3. Mangkuprawira, Sjafri (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Ghalia Indonesia, Jakarta Selatan.
4. Website : astra.co.id



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.