Thursday, September 24, 2015

Seleksi Karyawan Agent Call Center BRI


Call center  merupakan suatu kantor informasi yang terpusat yang digunakan untuk tujuan menerima dan mengirimkan sejumlah besar permintaan melalui telepon. Call center dioperasikan oleh sebuah perusahaan sebagai pengadministrasi layanan yang mendukung produk incoming dan menyelidiki informasi tentang konsumen.
Panggilan keluar call center digunakan untuk telemarketing, clientele, dan debt collection pun dapat dilakukan. Sebagai tambahan untuk call center, bahwa penanganan secara kolektif untuk surat, fax, dan email dalam sebuah lokasi lebih sering disebut dengan contact center.
Call Center BRI adalah layanan perbankan melalui telepon selama 24 jam dan  merupakan sarana nasabah untuk mendapatkan informasi dan melakukan pengaduan mengenai permasalahan perbankan. Call center BRI tidak hanya melayani permasalahan tentang perbankan tetapi juga melayani permasalahan atau informasi tentang kartu kredit.
Call center BRI terdiri dari 2  bagian yaitu call center perbankan/banking dan call center kartu kredit. Bagian ini disesuaikan dengan kebutuhan nasabah untuk pelayanan yang maksimal dari BRI.
Dalam system perekrutan agent call center BRI, BRI bekerja sama dengan perusahaan outsourcing/vendor dalam melakukan perekrutannya. oleh karena itu pihak vendor sangat berperan dalam proses seleksi dan rekrutmen di call center BRI. dimulai dari tahap seleksi administrasi, wawancara, psikotest, medical check up semua dilakukan di pihak vendor atau outsourcing sebelum kandidat diserahkan ke pihak BRI untuk langsung interview pada bagian call center.
kandidat akan diinformasikan sistem kerja di call center BRI secara lengkapnya, seperti jam kerja, peraturan  dan prosedur kerja. Apabila kandidat setuju maka kandidat akan diproses untuk tahap selanjutnya. Vendor akan menginformasikan kepada kandidat untuk proses selanjutnya yang dilakukan oleh Pihak User atau BRI langsung, dipihak BRI  kandidat juga akan diseleksi atau interview secara langsung oleh SPV untuk mengetahui potensi dan kemampuan kandidat agent call center. Setelah kandidat lolos seleksi, kandidat akan diarahkan oleh SPV untuk ditempatkan dibagian perbankan atau kartu kredit.
Tahapan seleksi :
1.                  Administrasi
2.                  Wawancara awal
3.                  Psikotest
4.                  Seleksi ini meliputi Intelegensia, Psikotest
5.                  Wawancara akhir
6.                  Test kesehatan

Setelah lolos seleksi dan telah ditempatkan sesuai dengan bagiannya, agent call center akan diberikan training seperti diklat selama 2 minggu di PUSDIKLAT BRI. agent tersebut akan diberikan pembekalan tentang cara kerja, peraturan dan informasi tata cara penggunaan aplikasi perbankan atau kartu kredit. sehingga agent call center mempunyai kualitas yang baik dalam pelayanan  nasabah.

https://id.wikipedia.org/wiki/Call_center

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.