Sunday, September 27, 2015

Strategi PT Telkom dalam Pelatihan dan Pengembangan SDM


           Pelatihan dan pengembangan SDM adalah suatu kegiatan untuk meningkatkan kapasitas SDM agar bisa menjadi sumber daya yang berkualitas, baik dari segi pengetahuan, keterampilan bekerja, tingkat professionalisme yang tinggi dalam bekerja agar bisa meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan dengan baik(1).

Perlu diketahui bahwa Pelatihan dan Pengembangan adalah dua kegiatan yang sama/identik namun berbeda Objeknya, dimana Pelatihan diperuntukan untuk manajemen tingkat bawah (pelaksana) dan Pengembangan diperuntukan untuk menejaman tingkat menengah dan atas.

PT. Telkom ialah satu-satunya BUMN telekomunikasi serta penyelenggara layanan telekomunikasi dan jaringan terbesar di Indonesia. Yang memiliki Visi, menjadi pemimpin dalam bidang telekomunikasi, informasi, media, pendidikan dan jasa dalam negeri. Lalu Misi, menyediakan layanan “more for less” TIMES dan menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia(2).
Untuk mencapai Visi dan Misi diatas, tentunya PT. Telkom perlu menyusun strategi dalam mengelola SDMnya dalam bentuk pelatihan dan pengembangan SDM. Untuk itu PT. Telkom menyusun Human Capital Master Plan (Human Capital Management menurut Chatzkel adalah merupaka upaya untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan manusia untuk mencapai tingkat signifikan yang lebih tinggi secara kinerjanya(3)), yang dimaksud membantunya dalam penentuan pelatihan dan pengembangan yang dibutuhkan oleh SDMnya.
Pengembangan kompetensi SDM yang dilakukan oleh PT. TELKOM, dititikberatkan pada hal-hal berikut (4):
1.       Pengembangan karakter yang didasarkan pada budaya Perusahaan The Telkom Way,
2.       Pengembangan kompetensi yang berstandar global, dan
3.       Pengembangan kepemimpinan yang didasarkan pada Telkom Leadership Architecture yang berdasarkan prinsip Lead by Heart dan Manage by Head.
Dilakukan dengan pelatihan dan pendidikan yang bersifat perubahan kompetensi dan pengembangan kompetensi, baik terkait langsung maupun tidak langsung terhadap strategi bisnis dan operasional.
Lalu, guna menciptakan pemimpin masa depan, disediakan program pengembangan kepemimpinan yang telah diikuti oleh 897 karyawan, meliputi program (4), :
1.       Kepemimpinan Tingkat Dasar,
2.       Kepemimpinan Tingkat Menengah, dan
3.       Kepemimpinan Tingkat Senior.
Penetapan keiktsertaan karyawan dalam keseluruhan prohram pengembangan kompetensi tersebut ditentukan oleh kebutuhan perusahaan dan karyawan dengan memperhatikan kesetaraan gender dan persamaan kesempatan kepada seluruh karyawan. Adapun upaya lain dalam mengembangkan kompetensi karyawannya, adalah fasilitas Konwledge Management (Dohun (1998) menyebut KM sebagai sebuah disiplin pengetahuan. KM bertujuan untuk memperkenalkan pendekatan yang terintegrasi guna mengenali, memotret, mengevaluasi, menemukembali dan membagi perbagai asset pengetahuan umumnya berupa database, dokumen, kebijakan, prosedur, pelbagai pengetahuan yang sebelumnya tidak teridentifikasi bahkan pengalaman actor dalam organisasi(5)) yang memfasilitasi tukar ide, konsep dan informasi antar seluruh karyawan.
        Perlu diketahui juga bahwa, untuk melaksanakan ini semua selama tahun 2013, PT. Telkom mengalokasikan dana sebesar Rp. 265,3 miliar atau rata-rata sebesar Rp. 10,6 juta perkaryawan yang mengikuti program-program tsb.
PT.Telkom serius dalam hal pelatihan dan pengembangan ini, dalam mencapai Visi dan Misinya, PT. Telkom meracik strategi yang mendetail dan menganggarkan hingga ratusan milliar yang tentunya optimis dengan apa yang akan diperolehnya.

Daftar Pustaka :
(1)             Ilham, 2013. Pelatihan dan Pengembangan SDM. http://www.pelatihan-sdm.net/pelatihan-dan-pengembangan-sdm/(diakses27September2015)
(2)             Telkom, 2014. Tentang Telkom. http://www.telkom.co.id/tentang-telkom(diakses27September2015)
(3)             Maydhi, 2012. Pengertian Human Capital. http://maydhiputra.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-human-capital.html(diakses27September2015)
(4)             Telkom, 2014. Sumber Daya Manusia. http://www.telkom.co.id/UHI/CDInteraktif2013/ID/0043_sdm.html(diakses27September2015)
(5)             Ibad, Irsyadul, 2014. Apa itu Knowledge Management (KM)?. http://ensiklo.com/2014/10/apa-itu-knowledge-management-km/(diakses27September2015)


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.