Tuesday, September 22, 2015

Trakindo Utama Selection Process


Seleksi adalah usaha pertama yang harus dilakukan perusahaan untuk memperoleh karyawan yang qualified dan kompeten yang akan menjabat serta mengerjakan semua pekerjaan pada perusahaan. Pelaksanaan seleksi harus dilakukan secara jujur, cermat, dan objektif supaya karyawan yang diterima benar-benar qualified untuk menjabat dan melaksanakan pekerjaan.


Faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi proses seleksi adalah :

·         Hukum/Peraturan
·         Kecepatan Pengambilan Keputusan
·         Hirarki organisasi
·         Jumlah Pelamar atau pasar tenaga kerja
·         Jenis Organisasi
·         Masa Percobaan

Di PT. Trakindo Utama, terdapat dua macam proses seleksi, tergantung dari jalur rekrutmen manakah calon karyawan yang akan melakukan proses seleksi yaitu, Seleksi calon karyawan umum dan Seleksi calon karyawan program kerjasama dengan PT. Trakindo Utama.

Proses seleksi calon karyawan umum dapat dijabarkan sebagai berikut :

1.      Seleksi Berkas Administrasi. Hal ini dilakukan untuk menyaring calon karyawan yang sesuai dengan spesifikasi dan job description yang dibutuhkan.
2.      Wawancara dengan HRD. Pada tahap ini calon karyawan akan melakukan interview dengan staff Human resources department. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan dapat mengenal lebih lanjut tentang calon karyawan dan dapat menilai soft skill dan kepribadian dari calon karyawan.
3.      Psikotest. Setelah lolos dari interview HRD, calon karyawan melakukan eksternal psikotes. Dalam hal ini yang melakukan pengujian adalah biro psikotes yang ditunjuk oleh PT. Trakindo Utama
4.      Wawancara dengan User. Apabila calon karyawan lulus dari psikotes, hal selanjutnya yang dilakukan adalah interview dengan user. User dalam hal ini adalah Supervisor/Manager/Superior yang akan menggunakan jasa calon karyawan di departemen terkait.
5.      Medical Check Up. Pada tahap ini calon karyawan akan di check kesehatannya. Apabila seorang calon karyawan sampai pada tahap ini, dapat dikatakan calon karyawan tersebut kemungkinan diterimanya telah mencapai 80%.
6.      Offering Contract. Setelah lolos dari Medical check Up, calon karyawan akan ditawarkan kontrak oleh HRD. Pada tahapan ini calon karyawan akan melakukan kesepakatan gaji dan fasilitas yang akan didapatkan dari PT. Trakindo Utama.

Berbeda dengan Seleksi calon karyawan umum, seleksi calon karyawan program kerjasama dengan PT. Trakindo Utama terlihat sangat singkat. Namun, proses yang dilalui cukup panjang dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut tahap-tahapnya :
1.      PT. Trakindo Utama memantau calon karyawan program kerjasama selama kurang lebih tiga tahun ( SMK/Politeknik )
2.      PT. Trakindo Utama mengajukan/merekomendasikan calon karyawan yang telah dipantau untuk dilakukan proses perekrutan.
3.      Calon Karyawan melakukan Interview dengan HRD.
4.      Medical Check Up.
5.      Offering Contract.

Setelah lolos sampai tahap offering contract dan calon karyawan menerima apa yang ditawarkan oleh PT. Trakindo Utama, maka selanjutnya akan diadakan penempatan karyawan. Untuk Trakindo, penempatan tidak terbatas pada Point of Hire saja, namun bisa ditempatkan di seluruh cabang trakindo utama di Indonesia.



Daftar Pustaka

Muchlisin Riadi, 2012, Metode dan Prosedur Seleksi Penerimaan Karyawan, Kajian Pustaka. Dalam :

International Labour Organization, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Kerjasama dan Usaha Yang Sukses. Dalam :

Liche Seniati Chairy, 2006, Mempersiapkan diri dalam proses rekrutmen dan seleksi karyawan, Staff UI.ac.id. Dalam :

Yaman-Indonesia, 2012, Manajemen Sumber Daya Manusia, dalam :

Yodhia Antariksa, Instrumen seleksi karyawan yang bagus dan akurat dalam mengukur potensi SDM, dalam:

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.