Tuesday, October 13, 2015

Analisis Pekerjaan di CV. Garuda Trisakti

Yang dimaksud dengan analisis pekerjaan adalah proses pengumpulan informasi mengenai suatu pekerjaan yang dilakukan oleh seorang pekerja yang dilaksanakan dengan cara mengamati atau mengadakan interview terhadap pekerja dengan bukti-bukti yang benar dari supervisor¹.

        Menurut Umar (2005:6) bahwa analisis pekerjaan adalah merupakan suatu proses untuk menentukan isi suatu pekerjaan sehingga dapat dijelaskan orang lain untuk tujuan manajemen².
        Analisis pekerjaan pada CV. Garuda Trisakti yang saya teliti yakni berikut pada bagian yang saya kerjakan  Proses pencetakan pada mesin Speedmaster 52. Dalam proses pencetakan ini terdapat 2 karyawan “ operator mesin dan asisten operator” yang tugasnya mencetak hingga mencapai hasil yang maksimal, melakukan pengecekan pada bahan/material yang akan naik cetak, memeriksa pelat cetak yang akan diproses. Dalam hal ini operator produksi mesin Speedmaster 52 melakukan pengisian tinta pada bak tinta terlebih dahulu, pengecekan kain karet/blanket, dan pastinya melakukan pengecekan pada bak air/chiller yang berguna membasahi permukaan cetakan.
        Proses pencetakan ini bermula dari pemasukan, menyetting ketebalan kertas, angin hisap dan tiup dan batang peraba, setelah itu memasang pelat, membersihkan blanket, serta menyetel meja pengeluaran kertas (menyetel angin dan mejanya).  
        Proses pencetakan pada CV.Garuda Trisakti ini dijalankan sesuai dengan SOP (Standart Operational Procedure), yang pada akhirnya akan di analisa menyangkut tentang tahap-tahap apa saja yang dikerjakan, kemudian mempelajari tahapan mana yang kurang memuaskan.
        Analisa pada pekerjaan ini memiliki 12 tujuan, diantaranya³ :

1.       Job Description
2.       Job Classification
3.       Job Evaluation
4.       Job Design Restructuring
5.       Personel Requirement
6.       Performance Appraisal
7.       Worker Training
8.       Worker Mobility
9.       Efficiency
10.   Safety
11.   Human Resource Planning
12.   Legal Requirements


Daftar Pustaka

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.