Friday, October 16, 2015

Analisis Pekerjaan

Analisis pekerjaan terdiri atas dua kata, analisis dan pekerjaan. Analisis merupakan aktivitas untuk berpikir dan menjabarkan pokok persoalan menjadi bagian, komponen, atau unsur serta kemungkinan keterkaitan fungsinya. sedangkan pekerjaan adalah
sekumpulan/sekelompok tugas dan tanggung jawab yang akan, sedang dan telah dikerjakan oleh tenaga kerja dalam kurun waktu tertentu. dengan demikian analisis pekerjaan dapat diartikan sebagai suatu aktifitas untuk mengkaji, mempelajari, mengumpulkan, mencatat dan menganalisis ruang lingkup suatu pekerjaan secara sistematik dan sistemik..
Tujuan analisis pekerjaan dipakai untuk berbagai tujuan, baik sektor publik maupun sektor swasta. Berikut ini tujuan dari analisis pekerjaan :
1.    Job description, yang berisi informasi pengeidentifikasian pekerjaan, riwayat pekerjaan, kewajiban-kewajiban pekerjaan, dan pertanggungjawaban, spesifikasi pekerjaan atau informasi mengenai standar- standar pekerjaan.
2.    Job classification, penyusunan pekerjaan-pekerjaan ke dalam klas-klas, kelompok-kelompok, atau jenis-jenis berdasarkan rencana sistematika tertentu. Rencana sistematika tradisional biasanya didasarkan pada garis kewenangan organisasi, isi tugas/pekerjaan yang didasarkan pada teknologi, dan tugas/pekerjaan ini pada gilirannya didasarkan pada perilaku manusia.
3.    Job evaluation, suatu prosedur pengklasifikasian pekerjaan berdasarkan kegunaan masing-masing di dalam organisasi dan dalam pasar tenaga kerja luar yang terkait.
4.    Job desing instructuring, meliputi usaha-usaha untuk mengalokasi dan merestrukturalisasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan ke dalam berbagai kelompok.

analisis pekerjaan  dalam dunia call center meliputi pelayanan customer dalam hal handling complaint, maintenance data dan informasi nasabah. dalam analisa pekerjaan ini customer service harus bisa menganalisa permasalahan yang terjadi mencari solusinya dan memecahkan permasalahan dari nasabah tersebut. Customer service dalam tugasnya menjadi bagian dari kelompok kerja yang mempunyai visi dan misi dalam melayani nasabah dengan baik dengan memperhatikan ruang lingkup pekerjaan dan SOP yang telah ditetapkan. juga harus bisa mengumpulkan dan mencatat setiap informasi baik dari nasabah sebagai saran atau kritik untuk ditindak lanjuti ke pihak manajemen.
customer service mempunyai kualifikasi pekerjaan yang dibagi dalam kelompok-kelompok yang bertujuan untuk merencanakan target yang harus dicapai dengan cara yang sistematis seperti untuk mencapai target jumlah nasabah atau pelayanan yang sesuai dengan SOP yang akan ada penilaiannya dari QA (Quality Assurance).


setelah merencanakan target dengan kualifikasi pekerjaaan tertentu customer service harus mengevaluasi hasilnya dalam 1 bulanan untuk evaluasi apakah target yang dihasilkan tepat atau tidak.

Dengan adanya analisis pekerjaan diharapkan customer dapat bekerja sesuai dengan SOP dan bisa mencapai target yang ditetapkan.

terima kasih

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.