Wednesday, October 14, 2015

Manajemen Karir di PT. Trakindo Utama

Karir adalah posisi yang dipegang individu dalam suatu jabatan di suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu atau seluruh pekerjaan yang dimiliki/dilakukan oleh individu selama masa hidupnya. Selain itu, karir juga dapat dilihat sebagai tingkat kemapanan kehidupan seseorang setelah mencapai tingkatan umur tertentu yang ditandai dengan penampilan dan gaya hidup orang tersebut.

Di Service Department,terdapat program pengembangan karir yang telah disusun agar setiap technician memiliki perkembangan karir selama masa kerjanya. Setiap Technician mendapatkan buku “Technician Development Program” dari perusahaan yang akan digunakan sebagai acuan dalam peningkatan gaji dan jabatan. Langkah pertama dari seorang Junior Technician untuk melakukan peningkatan adalah mendapatkan 33 skill yang terdapat pada TDP Junior technician yang akan di setujui oleh supervisor dan manager terkait. Setelah mendapatkan 33 Skill yang telah diakui, Junior technician akan divalidasi untuk menjadi seorang senior technician atau pegawai dapat memilih jalur management dengan Service Analyst yang nantinya akan masuk ke section Service Support.

Di level senior technician, pegawai akan diberikan TDP oleh perusahaan dan harus mencapai 65 Skill untuk dapat maju ke level selanjutnya. Tentu saja skill tersebut harus mendapat pengakuan dari supervisor dan Manager terkait. Apabila pegawai telah mendapatkan skill tersebut dan lolos validasi, maka pegawai tersebut akan dipromosikan menjadi seorang Master Technician atau dipromosikan sebagai Foreman. Apabila dipromosikan sebagai foreman, maka karyawan tersebut telah masuk ke dalam management level yang kinerjanya akan dinilai berdasarkan key performance indicator yang ada setiap tahunnya.

Master Technician merupakan level tertinggi dari jabatan technical yang ada di Service Department dan bergerak secara independen, sedangkan foreman masih bisa berkembang karir nya sampai menjadi seorang Service Manager.




Daftar Pustaka


Iqbal Islami. 2013. Perencanaan Karir dan Rencana Pembelajaran. BPPK – Depkeu  Dalam :

Sjafri Mangkuprawira. 2011. Manajer dan Karir Karyawan. Ronawajah. Dalam :

Anonim. 2014. What Is Career Management ?. Career Vision.  Dalam : http://www.careervision.org/About/CareerManagement.htm

Dharmani GAN. 2014. Perencanaan dan Pengembangan Karier. Universitas Narotama. Surabaya. Dalam : http://ayurai.dosen.narotama.ac.id/files/2012/02/MATERI-man-kar@ayurai-2012.pdf

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.