Tuesday, October 13, 2015

Manajemen Karir PT Bank Permata Tbk

Strategi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) PT Bank Permata Tbk mengacu pada konsep Manajemen SDM Berbasis Kompetensi (MSDM-BK).

Konsep MSDM-BK dapat didefinisikan sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian aktivitas tenaga kerja secara optimal mulai dari rekrutmen sampai dengan pensiun dimana proses pengambilan keputusan didasarkan pada informasi kebutuhan kompetensi jabatan dan kompetensi individu untuk mencapai tujuan perusahaan. Hal ini diharapkan agar aktivitas dan keputusan yang diambil akan lebih transparan serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan tidak diskrimintaif.
Pengembangan Sistem Manajemen SDM Berbasis Kompetensi (MSDM-BK) melaksanakan program-program sebagai berikut :
Staf Development Program (SDP), Manager Development Program (MDP) dan Executive Development Program(EDP).
Pendidikan dan Pelatihan program SDP, MDP dan EDP.

Model Program Pengembangan dan Kaderisasi Pegawai

STAF DEVELOPMENT PROGRAM (SDP)
Pendidikan Staf Development Program (SDP) merupakan suatu awal pengembangan karier bagi mereka yang sudah menjadi pegawai Bank Permata dengan predikat sarjana untuk dipersiapkan menjadi kader manajer dan pimpinan Bank Permata pada masa yang akan datang. Setelah mengikuti Program SDP diharapkan peserta mempunyai pengetahuan dan ketrampilan di bidang manajerial perbankan (managerial competencies), operasional perbankan (technical competencies) khususnya di bidang kredit, pemasaran dana, layanan dan kemampuan pendukung (enabler competencies) serta memahami proses bisnis Bank Permata melalui On The Job Training (OJT) sehingga mampu melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab sebagai calon bankir yang profesional.
MANAGER DEVELOPMENT PROGRAM (MDP)
Pendidikan Manager Development Program (MDP) merupakan suatu awal pengembangan kinerja para Pemimpin Bidang Operasional atau yang setingkat di Industri perbankan, khususnya di Bank Permata , yang disiapkan untuk menempati posisi strategis di Bank Permata menjadi manajer yang handal dan profesional pada masa yang akan datang. Pendidikan MDP ini dirancang dan dilaksanakan dalam bentuk yang lebih implementatif terhadap tugas pada posisi Pemimpin Bidang Operasional atau yang setingkat yang ada di Bank Permata. Dengan melalui program pendidikan ini diharapkan para peserta menjadi manager yang handal dan profesional dalam menghadapi setiap perubahan-perubahan bisnis yang terjadi.

EXECUTIVE DEVELOPMENT PROGRAM (EDP)
Keberhasilan suatu organisasi termasuk Bank, sangat dipengaruhi oleh kinerja Sumber Daya Manusia yang dimiliki oleh organisasi yang bersangkutan. Kinerja SDM yang tinggi dapat terujud melalui sebuah perencanaan, pendayagunaan, peningkatan dan pengembangan SDM yang dilaksanakan secara baik, teratur dan berkelanjutan serta seiring dengan perkembangan lingkungan bisnis internal maupun eksternal. Program EDP merupakan program untuk  mempersiapkan calon-calon Pemimpin Cabang yang handal dan merupakan langkah strategis yang harus dilakukan oleh manajemen dalam mendukung keberhasilan bisnis Bank. Dalam mengukur kinerja calon Pemimpin Cabang Bank Permata mempunyai sistem untuk mengukur Knowledge, Skill, dan Attitude para calon Pemimpin Cabang yang disesuaikan dengan level Hard dan Soft Competencies Pemimpin Cabang.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.