Sunday, October 11, 2015

Manajemen Karir

Karir menurut saya adalah termasuk salah satu poin penting dalam hidup, karena dengan adanya karir maka kita bisa menjadi lebih maju terutama dari segi pekerjaan kita. Pekerjaan tanpa karir itu seperti kalau kita memasak makanan yang tanpa diberi bumbu sehingga rasanya akan menjadi hambar,
tentunya kita tidak mau hidup kita terasa hambar seperti itu-itu saja, kita pasti juga memerlukan gaji yang cukup besar untuk memenuhi segala kebutuhan kita dan juga impian-impian kita. Melalui karir kita bisa capai itu semua, dari gaji yang cukup besar, posisi pekerjaan yang kita inginkan dan juga impian-impian kita.

Memang untuk mencapai semua itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus ada yang namanya kerja keras, pengalaman yang cukup banyak dan juga keyakinan. Di dalam meniti sebuah karir pasti akan ada banyak hambatan dan rintangan yang akan kita temui dan disitulah kita akan mendapat pengalaman-pengalaman yang baru dan pengalaman-pengalaman tersebut akan kita pakai dalam hambatan tersebut dan juga mental kita akan benar-benar teruji disitu.

Di dalam karir akan ada dimana kesempatan itu datang dan terkadang kita tidak menyadarinya, apabila persiapan kita kurang maka kesempatan itu bisa saja lenyap diambil orang lain, maka dari itu dari awal kita harus mempersiapkan kira-kira apa saja yang akan diperlukan dalam mencapai karir yang kita inginkan. Dengan adanya manajemen karir yang kita ikuti maka kita bisa tahu persiapan yang seperti apa yang akan kita butuhkan untuk mencapai karir yang kita inginkan. Persiapan sejak dini lebih penting daripada beberapa hari sebelum hari H dalam karir kita karena kesempatan datangnya cuma satu kali dalam hidup kita dan kesempatan akan datang lagi dan prosentasenya pun tidak besar.

Di dalam mempersiapkan karir kita kita membutuhkan persiapan-persiapan dan salah satu persiapan tersebut yaitu kita membuat strategi, strategi yang dimana kita persiapkan sesuai dengan jenjang karir dari pekerjaan kita dan karir yang seperti apa yang kita inginkan. Strategi terkadang bisa kita buat berdasarkan pengalaman kita dengan mengamati lingkungan di sekitar kita, dari situ kita bisa belajar tentang perilaku orang-orang disekitar kita seperti atasan kita, orang  yang sama kedudukannya dengan kita, bahkan orang yang kedudukannya dibawah kita, dan tentu saja tidak lupa untuk mempelajari dari buku. Dari situ kita bisa berperilaku, bersikap dan berpikiran seperti apa untuk mencapai karir yang kita inginkan.

PENGERTIAN MANAJEMEN  KARIR
Sistem yang mengatur pergerakan/perpindahan karyawan dari suatu jabatan ke jabatan lain didalam organisasi suatu perusahaan. Untuk pengembangan kariernya, setiap pegawai di perusahaan manapun perlu melakukan manajemen karier. 

TUJUAN DAN MANFAAT SISTEM MANAJEMEN KARIR

  • Menyiapkan karyawan untuk dapat dipromosikan.
  • Mempertahankan karyawan yang handal dan mengurangi tingkat turnover.
  • Menarik calon-calon karyawan yang potensial.
  • Memotivasi karyawan untuk tumbuh dan berkembang.
  • Mengurangi penumpukkan karyawan.
  • Memotivasi karyawan agar berprestasi pada tingkat yang optimal.
  • Menjaga kontinuitas proses suksesi karyawan yang mendukung perencanaan karyawan.
  • Membantu rencana tindakan yang positif.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.