Friday, October 16, 2015

Seleksi Penerimaan Pegawai PTPN X

Seleksi adalah proses pemilihan dari sekelompok pelamar, orang atau orang-orang yang paling memenuhi kriteria seleksi untuk posisi yang tersedia berdasarkan kondisi yang ada pada saat ini yang dilakukan pleh perusahaan (1). Tujuan dilaksanakan proses seleksi adalah untuk mendapatkan “The Right Man In The Right Place”. Didalam proses seleksi perusahaan harus mendapatkan tenaga kerja yang tepat di dalam posisi yang tepat pula(2).

Hal-hal yang mendasari proses seleksi :
a) Analisis jabatan yang meliputi uraian pekerjaan, spesifikasi individu dan standard tampilan kerja pada setiap posisi.
b) Perencanaan SDM meliputi identifikasi lowongan, identifikasi pegawai yang dapat dipromosikan/ditransfer, dan metode rekrutmen untuk sumber daya eksternal.
c) Rekrutmen, akan memungkinkan terkumpulnya berkas lamaran yang diseleksi.
Beberapa kualifikasi yang menjadi dasar bagi pelaksanaan seleksi diberbagai perusahaan menurut Malayu S.P Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, 2001(3) adalah sebagai berikut:
1. Keahlian.
2. Kesehatan Fisik
3. Pendidikkan.
4. Umur.
5. Kerja Sama. Kerja
6. Kejujuran.
7. Inisiatif dan Kreatif. Kedisiplinan..
Melalui proses seleksi dilakukan pemilihan atau pencocokan untuk mengurangi kemungkinan perusahaan menerima pegawai yang tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pencocokan tersebut dilakukan dengan membandingkan kualifikasi yang dimiliki calon pegawai (man specification) dengan persyaratan yang harus dipenuhi untuk suatu pekerjaan (job specification).
Secara garis besar, proses seleksi berlangsung sesuai dengan tahapan-tahaan sebagai berikut:
1. Seleksi atas surat lamaran.
a) menyisihkan lamaran yang tidak memenuhi kriteria.
b) membandingkan pelamar.
c) menggunakan kesan kepribadian yang tertulis pada surat lamaran.
2. Wawancara awal.
Dalam tahap ini calon diwawancarai oleh pegawai/staf dibagian sumberdaya manusia, untuk mendapatkan gambaran umum tentang kesesuaian calon dengan pekerjaan yang ia lamar.
3. Penilaian akhir.
Pada tahap ini hasil-hasil dari tahapan sebelumnya dinilai secara keseluruhan untuk sampai diambil keputusan akhir calon mana yang akan diterima atau ditolak. Para calon tenaga kerja yang diterima kemudian diminta untuk dites kesehatan secara umum.
4. Pemberitahuan dan wawancara akhir.
Hasil penilaian pada tahap penilaian akhir diberitahukan kepada para calon.Wawancara akhir dilakukan dengan para calon tenaga kerja yang diterima.
5. Penerimaan.
Dalam tahap ini para calon tenaga kerja mendapat surat keputusan diterima bekerja pada perusahaan dengan berbagai persyaratan pekerjaan. Adakalanya tenaga kerja diminta untuk menandatangani sebuah kontrak kerja. (2) .
Seperti perusahaan-perusahaan lain pada umumnya, PTPN X juga melakukan seleksi untuk mendapatkan karyawan baru. Adapun tahan seleksinya adalah sebagai berikut:
 Pertama, Seleksi Administrasi
 Kedua, Tes Intelegensi dan Tes Aptitude
Tes intelegensi ini ditujukan untuk mengukur tingkat intelegensi calon pegawai baru, di mana jika anda ingin lolos pada tahapan tes intelegensi ini minimal IQ anda harus sedikit di atas rata-rata.
 Ketiga, Tes Akademis dan Tes Bahasa Inggris
Tes akademis ini tentunya adalah untuk mengukur tingkat kemampuan calon pegawai sesuai dengan bidangnya, di mana soal-soal yang akan muncul dalam tes akademis ini merupakan materi-materi sesuai dengan bidang pendidikan.
 Keempat, Tes Psikotes dan Diskusi Kelompok
Tes psikotes ditujukkan untuk mengukur tingkat kepribadian anda dan potensi yang tersimpan di dalam diri para peserta. Sementara mengenai diskusi kelompok demikian ditujukan untuk melihat sejauh mana tingkat kerja sama calon pegawai secara tim.
 Kelima, Tes Kesehatan
 Keenam, Wawancara(4).


Daftar Pustaka
(1) Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : STIE-YKPN.
(2) Nitisemito. 1996. Manajemen Personalia. Yogyakarta : BPFE
(3) Hasibuan, Malayu .2001.Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
(4) https://mayaratih91.wordpress.com/2014/05/12/makalah-seleksi-karyawan/
(5) http://mobiltangki.com/tahapan-seleksi-penerimaan-pegawai-bumn-ptpn-x/


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.