Wednesday, November 18, 2015

Kompensasi pada PT. Mulya Adhi Paramita


Manajemen kompensasi merupakan salah satu bidang manajemen sumber daya manusia yang paling sulit dan menantang karena mengandung banyak umur dan memiliki dampak yang cukup panjang bagi tujuan-tujuan strategik organisasi. Tantangan yang dihadapi manajemen adalah menciptakan kondisi untuk memotivasi karyawan agar memberikan kinerja yang maksimal demi kemajuan perusahaan.
 Tidak terkecuali di PT. Mulya Adhi Paramita, perusahaan pun membutuhkan manajemen kompensasi agar semua karyawan termotivasi dan tidak pergi meninggalkan perusahaan. 

Terdapat Tiga bentuk kompensasi di PT. MAP yaitu :

1.      Kompensasi finansial
Kompensasi finansial di PT. MAP diberikan dalam bentuk gaji dan bonus. Faktor yang mempengaruhi peningkatan gaji adalah penilaian / appraisal tahunan yang dilakukan oleh perusahaan. Semakin baik kinerja seseorang maka semakin tinggi pula tingkat kenaikan gaji yang diperoleh. Sedangkan bonus diberikan berdasarkan hasil appraisal dan kondisi finansial perusahaan.

2.      Kompensasi Finansial tidak langsung
Kompensasi financial tidak langsung diberikan dalam bentuk cuti tahunan dan cuti keluarga sakit. Untuk karyawan yang telah mengabdi kepada perusahaan lebih dari 5,10 dan 15 tahun diberikan cuti istimewa tambahan. Perusahaan juga memberikan asuransi kesehatan, rencana pension, Jamsostek, dan tunjangan pernikahan sebagai bentuk kompensasi. Untuk tingkatan Manager ke atas, diberikan fasilitas tambahan yaitu mobil dinas yang semua operasionalnya ditanggung oleh perusahaan.

3.      Kompensasi Non Finansial
Kompensasi ini tidak berhubungan dengan keuangan atau financial, melainkan lebih kepada benefit non financial yang didapatkan selama berada di perusahaan. Untuk beberapa posisi terdapat kompensasi otonomi dan variasi keterampilan yang dapat membuat karyawan tidak jenuh terhadap pekerjaannya. Kondisi pekerjaan dan kebijakan yang di terima karyawan juga merupakan salah satu kompensasi non financial. Salah satu kompensasi yang jarang pada kebanyakan perusahaan namun ada pada PT. MAP adalah Pensiun yang flexible. Seorang karyawan dapat mengajukan pension dapat mengajukan pension saat masa kerjanya telah melewati 15 Tahun meskipun umurnya belum 55 Tahun. Selain itu Pekerja yang telah memasuki umur pension pun dapat tetap bekerja selama perusahaan masih membutuhkannya. Perusahaan juga menyediakan training untuk mengembangkan karyawan.



Daftar Pustaka

1.      Kho Yunita. 2013. Kompensasi Manajemen. Dalam :

2.      Annisa Haura & Rekan. 2013. Makalah Kompensasi. Dalam :

3.      Lailatus Sifa & Rekan. 2014. Manajemen Kompensasi. Dalam :

4.      Wikipedia. Dalam :

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.