Thursday, November 26, 2015

Motivasi Kerja




Ada puluhan juta karyawan di Indonesia. Mereka bekerja dengan beragam motivasi. Apa saja itu? Dari pengalaman saya bekerja sebagai karyawan di Halliburton selama 1.5 tahun, setidaknya ada 4  jenis motivasi kerja karyawan.
1. Mendapatkan gaji bulanan
Motivasi pertama adalah mendapatkan gaji bulanan. Tak peduli Anda sebagai pegawai negeri sipil, karyawan tetap, atau karyawan kontrak, penghasilan bulanan adalah satu hal yang Anda cari. Mengapa? Karena dengan gaji bulanan Anda dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup Anda dan keluarga.
Kebutuhan hidup antara lain:
  • Biaya hidup sehari-hari
  • Membayar uang pendidikan anak
  • Membayar cicilan rumah
Sementara keinginan hidup antara lain:
  • Membeli mobil atau rumah baru
  • Jalan-jalan ke tempat wisata ternama di dalam dan atau luar negeri
Sisi buruk motivasi jenis ini adalah Anda hanya mengejar gaji bulanan sehingga mungkin saja Anda berangkat bekerja dan menyelesaikan semua pekerjaan Anda. Dengan demikian, Anda pergi pagi pulang sore dan akhir bulan mendapat gaji.
2. Mencapai sasaran karier
Motivasi kedua adalah mencapai sasaran karier. Mereka yang memiliki motivasi macam ini akan bekerja secara baik dan bahkan melebihi deskripsi kerjanya karena ada posisi lebih tinggi yang diincarnya. Selain itu, mereka akan memperhatikan dan meningkatkan kemampuan yang mendukung kariernya, seperti keterampilan berkomunikasi, mengelola waktu, mengelola anggaran, dan memimpin orang.
Tentunya motivasi kerja ini sangat bagus dimiliki. Mengapa? Karena Anda “dipaksa” atau dengan kesadaran sendiri bersaing dengan teman kerja demi mencapai sasaran karier Anda. Selain itu, keterampilan dan perilaku kerja Anda akan meningkatkan produktivitas Anda atau berguna dalam mencari pekerjaan di perusahaan lain (jika Anda memutuskan pindah kerja).
3. Berkarya
Selain mendapatkan gaji dan mencapai sasaran karier, motivasi kerja karyawan yang lain adalah berkarya. Mereka yang memiliki motivasi ini adalah mereka yang menghayati makna karyawan, yaitu orang yang berkarya, bukan buruh atau pekerja. Dengan demikian, mereka akan memberikan yang terbaik sehingga karyanya berkontribusi besar kepada kemajuan perusahaan.
4. Mencari pengalaman
Mencari pengalaman merupakan motivasi kerja yang dimiliki oleh mereka yang baru lulus (fresh graduate) atau bekerja sebagai karyawan kontraktor, karyawan honorer, atau karyawan magang. Dengan pengalaman yang dimiliki, mereka memiliki nilai tambah untuk mencari pekerjaan yang lebih baik.
Saya sendiri memiliki motivasi kerja ini saat bekerja sebagai karyawan honorer di sebuah laboratorium almamater saya pada 2003-2005. Memang gaji yang saya terima waktu itu hanya cukup untuk biaya hidup bulanan saya (antara Rp 600 ribu sampai dengan Rp 1 juta sebulan), namun saya bertekad mencari pengalaman sebanyak-banyaknya agar saya mampu bekerja di tempat yang lebih baik.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.