Friday, November 27, 2015

Motivasi Kerja

Motivasi kerja merupakan dukungan atau dorongan yang menyebabkan seseorang memiliki semangat bekerja yang tinggi. Jenis jenis motivasi kerja, yaitu: Motivasi Intrinsik, Motivasi ini timbul dari dalam diri orang yang bersangkutan; Motivasi Ektrinsik. Motivasi ini timbul dari luar diri orang yang bersangkutan.
Prinsip-prinsip Motivasi Kerja
     Menurut Mangkunegara (2000), terdapat beberapa prinsip dalam memotivasi kerja pegawai yaitu :
     Prinsip partisipasi. Dalam upaya memotivasi kerja, pegawai perlu diberikan kesempatan ikut berpartisipasi dalam menentukan tujuan yang akan dicapai oleh pemimpin.

     Prinsip Komunikasi. Pemimpin mengkomunikasikan segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha pencapaian tugas, dengan informasi yang jelas, pegawai akan lebih mudah dimotivasi kerjanya.
    Prinsip mengakui andil bawahan. Pemimpin mengakui bahwa bawahan (pegawai) mempunyai andil di dalam usaha pencapaian tujuan. Dengan pengakuan  tersebut, pegawai akan lebih  mudah dimotivasi kerjanya.
     Prinsip pendelegasian wewenang. Pemimpin yang memberikan otoritas atau wewenang kepada pegawai bawahan untuk sewaktu-waktu dapat mengambil keputusan terhadap pekerjaan yang dilakukannya.
     Prinsip memberi perhatian. Pemimpin memberikan perhatian terhadap apa yang di inginkan pegawai bawahan, akan memotivasi pegawai bekerja apa yang diharapkan pemimpin.
Cara Meningkatkan Motivasi Kerja
1.      Miliki motivasi dalam diri sendiri. Motivasi kerja akan terbentuk dengan baik apabila dari dalam diri karyawan itu sendiri telah tertanam motivasi yang baik.
2.      Ciptakan dan bergaulah dengan rekan-rekan yang super. Bekerjalah di tim yang penuh semangat, punya passion, bergairah dan mau bekerja keras. Kalau bisa hindari pergaulan dengan orang yang pengeluh, dan menganggap semua kesulitan sebagai nasib.
Faktor-faktor Penyebab Motivasi Kerja Karyawan Tinggi
1.      Faktor Eksternal. Faktor ini berasal dari luar diri individu.
Gaji besar. Semua orang pasti ingin memperoleh gaji yang besar dan cara memperoleh gaji yang besar adalah dengan bekerja sungguh-sungguh sehingga atasan akan kagum dan menaikkan gaji. Pujian dari atasan. Saat mendapat pujian dari atasan, karyawan manapun pasti akan merasa senang dan hal tersebut dapat memotivasi karyawan itu. Suasana di tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan. Situasi tempat kerja yang nyaman dan rekan-rekan kerja yang menyenangkan akan membuat seorang karyawan mersa betah bekerja di tempat tersebut dan bersemangat dalam bekerja. Adanya kejuaraan dalam perusahaan Membuat karyawan tertantang untuk bekerja sebaik mungkin demi mendapatkan prestasi yang baik, karena apabila karyawan tersebut berhasil menjadi juara, maka akan mendatangkan keuntungan bagi dirinya dan masa depan karirnya.
2.      Faktor Internal. Faktor ini berasal dari dalam individu.
Ingin memenuhi kebutuhan hidup. Pekerjaan yang ditekuni sesuai dengan minat. Mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat akan memotivasi karyawan untuk bekerja lebih giat karena pekerjaan itu sangat menyenangkan bagi mereka. Berani menghadapi tantangan. Tantangan dalam pekerjaan haruslah dihadapi. Motivasi kerja yang tinggi dapat menjadi senjata untuk melawan rasa takut terhadap tantangan. Berpikiran positif ada usaha ada hasil. Menginginkan jabatan tinggi. Semakin tinggi jabatan yang diduduki, semakin besar gaji yang diperoleh. Oleh karena itu, pegawai menjadi semangat bekerja untuk menarik perhatian atasan dengan tujuan memperoleh jabatan yang tinggi juga gaji yang tinggi. Ingin bersaing dengan rekan kerjanya. Punya target tertentu yang ingin dicapai. Target ini tidak harus berupa gaji yang besar atau jabatan yang tinggi. Bisa jadi karena inginmenambah pengalaman.

Manfaat Motivasi Kerja Karyawan Bagi Karyawan
karena peningkatan motivasi kerja dapat membawa manfaat sebagai berikut:
     Motivasi kerja karyawan bagi kinerja. Jika motivasi kerja karyawan tinggi, maka kinerjanya pun akan semakin baik. Pekerjaan cepat selesai dan dikerjakan dengan baik sehingga tidak ada lagi perkerjaan yang menumpuk dan karyawan dapat lebih santai dalam bekerja.
     Prestasi pun akan terangkat. Konsekuensi dari kinerja baik maka prestasi yang diperoleh pun akan semakin baik.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.