Wednesday, November 25, 2015

Trakindo Utama Work Motivation


Motivasi adalah keinginan untuk melakukan sesuatu, dengan demikian motivasi kerja adalah keinginan seseorang untuk melakukan pekerjaan. Sedangkan demotivasi adalah ketidakinginan dalam melakukan sesuatu, dalam hal ini adalah pekerjaan.
Setiap individu memiliki motivasi yang berbeda dalam melakukan pekerjaan. Sehingga seorang manager atau atasan harus mengetahui motivsi apakah yang dimiliki oleh bawahannya agar dapat memperlakukan karyawannya sesuai dengan motivasi yang dimilikinya.

Pada dasarnya seseorang berhasil melakukan pekerjaan karena adanya dorongan motivasi inter, eksternal dan gabungan keduanya. Motivasi eksternal, dalam hal ini ekosistem tempatnya bekerja  sangat berpengaruh pada suasana hati pekerjanya. Ekosistem yang nyaman dan kondusif menjadikan motivasi kerja yang tinggi. Dan ekosistem yang buruk dapat menyebabkan demotivasi pada pekerja. Menurut Mangkuprawira, seberapapun tingkat kemampuan yang dimiliki oleh seorang karyawan pasti membutuhkan motivasi yang akan berpengaruh pada kinerjanya.

Di Service Department PT. Trakindo Utama, motivasi karyawan merupakan salah satu hal yang mutlak dibutuhkan oleh setiap karyawan. Karena load kerja yang tinggi dapat menyebabkan menurunnya motivasi dan mengakibatkan dampak terhadap keselamatan kerja, kemauan karyawan untuk bekerja dan kinerja karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya.
Terdapat 5 ( lima ) aspek yang mempengaruhi motivasi :

1.       Kebutuhan Fisik
PT. Trakindo Utama memberikan tunjangan untuk tempat tinggal agar setiap karyawan trakindo bisa tinggal ditempat yang layak. Agar karyawan tidak perlu memikirkan hal-hal tersebut ketika melakukan pekerjaan. Trakindo juga memberikan locker room yang nyaman bagi karyawan, agar karyawan dapat beristirahat saat break time.

2.       Kebutuhan Rasa Aman

Trakindo sangat memperhatikan keselamatan ditempat kerja. Hal ini ditunjukan dengan support penuh terhadap APD ( Alat Pelindung Diri ) dalam melakukan pekerjaan. Trakindo juga memberikan karyawan untuk tidak melakukan pekerjaan apabila setelah dilakukan analisis, pekerjaan tersebut tidak aman untuk dikerjakan dan berusaha mencari alternative lain meskipun mengeluarkan cost.

3.       Kebutuhan Cinta / Rasa memiliki

Trakindo sangat menjaga hubungan kekeluargaan di tempat kerja. Sehingga setiap karyawan bersemangat ketika akan berangkat kerja. Ekosistem kerja yang baik tentunya akan memberikan kinerja yang baik pula. Trakindo juga mengadakan family gathering untuk mempererat hubungan antar karyawannya.

4.       Kebutuhan Status / Kekuasaan

Setiap karyawan diberikan independensi dalam melakukannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sehingga karyawan tidak perlu berpikir berkali-kali ketika akan membuat decision. Hal ini dilakukan agar setiap karyawan memiliki kemampuan decision making. Hal seperti ini sangat berpengaruh pada motivasi karyawan saat bekerja, karena seorang karyawan merasa dirinya dipercaya oleh atasan. Atasan pun siap bertanggung jawab bersama-sama terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan bawahannya. Setiap karyawan juga memiliki kebanggaan bekerja dengan membawa nama perusahaan, hal ini membuat karyawan bekerja semaksimal mungkin agar perusahaan yang dibanggakannya maju dan berkembang.

5.       Kebutuhan Aktualisasi Diri

Trakindo utama memberlakukan program development terhadap semua posisi. Didalam program tersebut, karyawan diberitahu kemampuan apa saja yang harus dicapai dalam suatu posisi. Apabila semua kemampuan yang dibutuhkan dalam posisi tersebut telah dicapai oleh karyawan, seorang karyawan berhak untuk divalidasi oleh atasannya untuk meningkatkan karirnya ke posisi yang lebih tinggi dan salarynya. Dengan mengetahui hal ini, karyawan akan berusaha terus menerus agar kemampuannya berkembang. Tentu saja hal ini juga meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja.

Dengan memberlakukan berbagai kebijakan tersebut, Trakindo telah meningkatkan motivasi kerja dari setiap karyawan di service department, dan memenuhi factor-faktor kebutuhan karyawan untuk membangun motivasi.

Daftar Pustaka

·         Atep Afia Hidayat, 2015, MSDM : Motivasi Kerja
·         Cherry, K. 2014. Theories of motivation, A Closer Look at Some Important Theories Motivation. Dalam : http://psychology.about.com/od/psychologytopics/tp/theories-of-motivation.htm
·         Mangkuprawira, T. S. dan Aida V.H. 2007. Manajemen Mutu SDM. PT Ghalia Indonesia. Jakarta
·         MCLeod, S. 2007. Maslow’s Hierarchy of Needs. Dalam :

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.