Thursday, December 10, 2015

Hubungan Industrial pada PT Rigspek Perkasa

Hubungan industrial tidak lepas dari PT Rigspek Perkasa selaku perusahaan yang taat pada undang-undang yang berlaku baik terhadap pengusaha dan pekerja. PT Rigspek Perkasa berupaya menjamin terpenuhinya hak dan kewajiban karyawan yang diatur dalam kebijakan perusahaan dibawah paying hokum pemerintahan yang telah diatur dalam undang-undang.

Adapun hak dan kewajiban karyawan meliputi kesehatan dan keselamatan kerja pegawai, pemberian upah yang mengikuti aturan pemberian upah yang sesuai standard yang ditetapkan oleh undang-undang yang berlaku, hak untuk mendapatkan cuti, penyedian tempat dan perlengkapan kerja yang memberikan keamanan dan keselmatan, dan mendeskripsikan pekerjaan sesuai dengan pangkat dan jabatan yang diterima oleh pegawai demi tercapainya tujuan organisasi. Dengan demikian diharapkan terjalinnya hubungan yang baik antara pegawai dengan pelaku usaha. Sehingga terjadi win-win solution dimana pelaku usaha tidak melanggar hukum dalam menjamin kesejahteraan pegawai.

Selain hubungan antara pegawai, pelaku usaha dan pemerintah, PT Rigspek Perkasa juga menjalankan hubungan yang baik dengan customer. Kontrak kerjasama kerja yang sesuai dengan aturan hukum yang berlaku yang menghindari terjadinya perjanjian kerjasama kerja. Selain itu hubungan PT Rigspek Perkasa dengan customer khususnya perusahaan asing juga mentaati khusus nya undang-undang keselamatan kerja pada Negara asing tersebut yang masih di terpakan pada perusahaan asing tersebut, jadi hubungan keselamatan kerja Negara lain dengan Negara kita sama-sama diterapkan agar kedua belah pihak sama-sama dapat menerapkan peraturan keselamatan kerja yang berlaku pada kedua Negara. Contohnya, salah satu customer PT Rigspek Perkasa adalah perusahaan berasal dari Inggris yang beroperasi di Indonesia, pada dasarnya mereka menerapkan standard keselamatan dan keamana alat angkut dari Inggris, tapi karena beroperasi di Indonesia, maka perlatan angkat angkut tersebut juga harus memenuhi standard keseleamatan dan keamanan alat angkat angkut yang ada di Indonesia.

Daftar Pustaka
http://epsmanajemensdm.blogspot.co.id/2011/07/hubungan-industrial-industrial-relation.html


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.