Monday, December 14, 2015

Lifting Equipment Engineering Association

Lifting Equipment Engineering Association adalah sebuah asosiasi dari Inggris yang mewakili member-membernya pada bidang industri, dari mulai desain, manufaktur, perbaikan, pemeliharaan dan penggunaan alat angkat.
LEEA memainkan peran dalam bidang khusus dari pelatihan dan pengaturan standar melalui kesehatan dan keselamatan kerja, pemberian saran teknis dan hukum, serta pengembangan peeriksaan dan sistem perizinan.

Pada Negara Inggris terdapat undang-undang keselamatan kerja yaitu HSWA 1974 (Health and Safety at Work etc. Act). Dibawah HSWA 1974 terbit beberapa peraturan diantaranya adalah PUWER (Provision of Use of Work Equipment Regulation) dan LOLER (Lifting Operations and Lifting Equipment Regulation). Dengan didorong dari kesemua undang-undang dan peraturan yang bersifat legal yang disebutkan diatas maka lahirlah standar-standar keselamatan kerja untuk setiap perlatan angkat. Dimana diatur sedemkian rupa demi memastikan setiap peralatan khususnya alat angkat memenuhi standar kesalamatan kerja sehingga dapat mengurangi atau menghindari resiko kecelakaan kerja di tempat kerja. Adapun standar yang tercipta melalui undang-undang tersebut dikenal dengan istilah BS Standard, dan kemudian standar ini dipakai lebih luas dikalangan eropa bukan hanya di inggris saja, sehingga berubah nama menjadi BS EN Standard.

Adapun terlahirnya LEEA adalah melihat fenomena operasi pengangkatan dilapangan begitu luas cakupan keselamatan operasi dan peralatan itu sendiri sehingga LEEA membuat standra-standar yang lebih practicable sesuai dilapangan sehingga setiap pekerja lebih dapat memahami dan menerapkan apa yang disebutkan pada BS Standard. Adapun LEEA juga mengeluarkan Standard yang disebut ACoP (Approved Code of Practice’s) yang dimana ketika kita sudah memenuhi persyaratan yang terdapat pada ACoP’s mengenai keselamatan operasi perlatan angkat maka secara tidak langsung kita sudah memenuhi BS Standard. Shingga telah memenuhi Undang-undang yang berlaku di inggris.
Dengan cukup baiknya perencanaan dan penerapan mengenai keselamatan kerja, maka cukup banyak perusahaan-perusahaan asing menerapkan BS Standard ini.


http://www.hse.gov.uk/work-equipment-machinery/puwer.htm

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.