Thursday, December 10, 2015

Manajamen Talenta pada PT Rigspek Perkasa

PT Rigspek Perkasa merupakan sebuah perusahaan jasa inspeksi teknik yang memberikan jasa pemeriksaan berkala pada peralatan angkat angkut yang beroperasi pada perusahaan minyak dan gas. Bisnis utama perusahaan ini adalah memberikan jasa pemeriksaan guna menjamin keselamatan pada peralatan alat angkut yang masih beroperasi.
Sehingga perlunya teresedia tenaga kerja yaitu inspektur yang berkompeten dalam bidang pemeriksaan khususnya peralatan alat angkut.

Didasari bahwa tenaga kompeten menjadi faktor pendukung penting dalam kelangsungan dan kemajuan bisinis PT Rigspek perkasa, maka manajamen talenta sangat penting dikelola yaitu dimulai dari perkerutan tenaga kerja yang bertalenta, pengelolaan talenta, dan kompensasi demi menjaga loyalitas para tenaga kerja yang bertalenta tersebut.

Yang menjadi fokus dalam perekrutan pada PT Rigspek Perkasa adalah tenaga kerja yang memiliki kecenderungan kehati-hatian dan teliti, komunikasi yang baik, berpendirian teguh, jujur serta berintegritas. Dengan demikian talenta untuk menjadi seorang inspektur pemeriksaan dapat semakin diperkuat. Kehati-hatian dan ketelitian dapat menjaga keselematan perlatan yang diperiksa dan kelesamatan kerja pada saat pemeriksaan. Memilki skill komunikasi yang baik juga diperlukan karena di lapangan inspektur juga berperan sebagai communicator, inspektur bertanggung jawab memberikan informasi dan pengerahan seputar kelematan dan kelayakan pakai dari suatu peralatan yang diperiksa. Dan yang terakhir adalah kejujuran dan integritas yang tinggi karena dilapangan pada keadaan tertentu dapat saja ada penawaran finansial yang dapat merubah suatu keputusan tertentu.
Pengelolaan  talenta dilakukan dengan membangun budaya etik yang dapat diartikan sebagai suatu yang common sense, honesty dan integrity. Budaya-budaya etik teresebut dibangun di lingkungan internal perusahaan agar dapat terbawa kelapangan oleh para inspektur. Sehingga dengan terbentuknya budaya demikian maka kualitas inspektur dapat menjadi nilai baik dan peningkatan kepercayaan dari customer PT Rigspek Perkasa.

Kompensasi berupa bonus dan mendapatkan pelatihan sertifikasi bagi para inspektur dapat meningkatkan talenta-talenta yang terus dibangun bagi para inspektur. Selain itu dengan adanya kompensasi, diharapkan dapat menjadi motivasi para inspektur untuk tetap loyal terhadap perusahaan dan terbangunnya hubungan timbal balik yang baik bagi kedua belah pihak.

Daftar Pustaka
http://sbm.binus.ac.id/2013/08/01/manajemen-talenta-bagian-1/


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.