Friday, December 11, 2015

Manajemen Talenta di PT.Astra International



Manajemen Talenta adalah cara pengelolaan kemampuan dan bakat karyawan yang berhubungan dengan bidang yang digeluti oleh perusahaan tersebut untuk meraih hasil kerja atau produktifitas yang paling maksimal.
Manajemen SDM ini sangat penting diterapkan bagi setiap perusahaan karena akan berhubungan langsung dengan kesuksesan perusahaan itu sendiri

Proses manajemen talenta ini secara garis besar dibagi menjadi tiga tahapan proses, yang pertama adalah melakukan pengembangan pada proses penerimaan karyawan yang ingin masuk ke perusahaan dengan hanya memilih calon karyawan yang memiliki potensi dan dedikasi tinggi terhadap perusahaan.Yang kedua adalah pengembangan dan pemeliharaan aset-aset karyawan yang sudah dimiliki.Yang terakhir adalah menarik sebanyak mungkin kemampuan, kompetensi, dan dedikasi setiap karyawan agar bisa menyumbangkan hasil kerja terbaik mereka untuk kemajuan perusahaan.
Untuk mendukung proses manajemen talenta di sebuah perusahaan ada beberapa hal yang harus dilakukan, diantaranya adalah:
1.    Jika anda ingin karyawan memiliki produktifitas yang tinggi dan berdedikasi pada perusahaan, maka anda harus ikut melibatkan mereka pada tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.
Setiap karyawan berhak untuk mengetahui peranan mereka sebagai individu maupun sebagai bagian dari sebuah unit usaha/departemen, atau wilayah di perusahaan agarsetiap karyawan memahami dengan jelas tujuan dan sumbangsihnya bagi kemajuan dan keberhasilan perusahaan secara keseluruhan. Hal ini didasari oleh sikap alamiah manusia yang ingin memiliki kebanggaan.
Dengan menumbuhkan keyakinan pada karyawan bahwa mereka ikut memberikan sumbangan tenaga untuk keberhasilan perusahaan, maka secara otomatis kinerja mereka akan semakin meningkat.

2. Berikanlah kesempatan bagi setiap karyawan untuk mengembangkan talenta mereka untuk kemajuan perusahaan. Oleh karena itu proses seleksi karyawan sebelun seseorang diterima secara resmi menjadi bagian dari perusahaan sangatlah penting untuk menyaring orang-orang yang memang memiliki minat dan bakat di bidang yang digeluti oleh perusahaan. Selain kesempatan yang luas untuk mengembangkan talenta bagi kemajuan perusahaan, berikan juga kesempatan bagi para karyawan untuk mengembangkan karier mereka ke jenjang yang lebih tinggi.
Dengan terbukanya jenjang karier yang jelas, akan membuat karyawan menjadi lebih bergairah dalam bekerja sehingga secara otomatis akan meningkatkan produktifitas perusahaan.
3. Untuk mendukung kualitas kerja para karyawan, maka anda harus memberikan penghargaan yang sepantasnya kepada karyawan yang berhasil mencapai prestasi tertentu atau mencapai tingkat kontribusi tertentu pada perusahaan.
Penghargaan ini sangatlah penting untuk memberikan kesan baik pada para karyawan bahwa hasil kerja keras mereka benar-benar dihargai dengan cara yang setimpal.
Saat ini hanya sedikit perusahaan yang masih mempraktekkan manajemen talenta.
Salah satu alasannya adalah karena alasan biaya. Padahal proses manajeman SDM dalam sebuah perusahaan sangatlah penting untuk dilakukan karena bisa menunjang optimalisasi kinerja semua karyawan di perusahaan tersebut.
Konsep manajemen SDM ini adalah sebuah konsep baru mengenai modal manusia atau human capital dimana peran setiap individu dalam sebuah organisasi atau perusahaan lebih dihargai dan diperhatikan.
Dengan menyusun program manajemen bakat yang kelas, sebuah perusahaan dapat mengenali karyawan-karyawan mereka yang memiliki bakat atau keahlian yang berguna bagi perusahaan, mengembangkan karyawan-karyawan yang memiliki bakat atau keahlian tertentu untuk mengurangi resiko kehilangan mereka dan untuk mengembangkan potensi mereka, serta mewujudkan perusahaan sebagai sebuah tempat bekerja terbaik bagi para karyawannya.
Namun, pada kenyataannya persaingan mendapatkan karyawan yang bertalenta semakin sengit, dan beberapa karyawan terbaik perusahaan keluar dari perusahaan.Perusahaan merasa tingkat keterikatan karyawan kepada perusahaan semakin menurun. Oleh karena itu, untuk menghadapi isu dan fakta yang telah terjadi di lapangan Astra International sendiri menyiapkan Astra Roadmap Blue Print yaitu mempersiapkan para talent Astra sesuai dengan kebutuhan bisnis Astra agar mampu menjadi strategic partner bagi CEO. Hingga saat ini perusahaan terfokus pada menjaga level kepuasan karyawan untuk mempertahankan karyawan untuk bekerja di perusahaan. Pengukuran kondisi karyawan ini menggunakan metode EOS (Employee Opinion Survey ). Namun pada kenyataannya karyawan yang puas tidak selalu karyawan tersebut akan terikat.


No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.