Friday, December 11, 2015

Manajemen Talenta PT. Bank ABC

        Dalam kondisi tekanan pertumbuhan globalisasi dan persaingan di lingkungan bisnis dan organisasi saat ini, sumber daya manusia/karyawan yang bertalenta tampak menjadi keunggulan kompetitif utama dan menjadi aspek penting bagi organisasi.
Bisnis dan organisasi yang ingin bertahan hidup dan tumbuh, dan menyalip pesaing yang ada perlu meningkatkan nilai tambah karyawan bertalenta dalam menumbuhkan kompetisi. Untuk menerapkan keunggulan kompetitifnya, bisnis dan organisasi harus menarik, mengembangkan dan mempertahankan karyawan bertalenta tersebut

Manajemen talenta (atau manajemen suksesi) adalah proses analisis , pengembangkan, dan pemanfaatan talenta yang berkelanjutan dan efektif untuk memenuhi kebutuhan bisnis. Hal ini melibatkan proses tertentu yang membandingkan talenta saat ini di suatu departemen dengan kebutuhan strategi bisnisnya. Hasil ini mengarah pada pengembangan dan implementasi strategi yang sesuai untuk mengatasi kesenjangan atau surplus talenta.
(CIPD, 2007).


Manfaat  manajemen talenta bagi perusahaan adalah
·         Meningkatkan kualitas, produktifitas dan kapabilitas bagi karyawan
·         Mengaitkan usaha-usaha individual dengan sasaran bisnis
·         Meningkatkan komitmen terhadap karyawan bernilai tinggi

Manfaat manajemen talenta bagi karyawan adalah
·         Meningkatkan kepuasan kerja
·         Meningkatkan pengetahuan tentang kontribusi kepada sasaran perusahaan
·         Meningkatkan motivasi

 Dalam perusahaan PT. Bank ABC manajemen talenta memang dibutuhkan yaitu untuk mengembangkan potensi dari segi karyawan dan bisnis, karena manajemen talenta ini bisa dihasilkan melalui proses training pengembangan talenta diri yang dalam training tersebut karyawan digali talentanya dan diberikan motivasi agar karyawan tersebut mau berkembang dan memberikan ide kreatif atau gagasan yang membawa perusahaan menjadi berkembang juga.

Focus perekrutan di PT. Bank ABC adalah pegawai yang memiliki integritas, jujur, kemampuan berkomunikasi dan tentunya disiplin sebagai kunci utama menjadi pegawai bertalenta.
Contohnya apabila sebagai customer service yang handal dalam melayani nasabah, kemampuan berkomunikasinya begitu baik dan pengetahuan produknya menguasai bukan tidak mungkin akan manfaat yang didapat oleh pegawai yang bertalenta tersebut adalah berupa kenaikan jabatan, gaji serta fasilitas yang lainnya             akan didapatkan.

Dengan adanya manajemen talenta, pegawai-pegawai yang sudah maupun yang akan direkrut turut membantu perusahaan dalam memberikan inovasi dan ide kreatif yang dapat menaikkan profit perusahaan

sumber :

http://www.bppk.kemenkeu.go.id/publikasi/artikel/418-artikel-soft-competency/20196-sekilas-tentang-manajemen-talenta

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.