Thursday, September 22, 2016

Proses Seleksi, Analisa dan Pengaruhnya

I. Pendahuluan

Qualified atau tidaknya pelamar yang akan diseleksi sangat tergantung pada proses rekrutmen. Dari proses rekrutmen yang efektif tentunya akan membawa dampak bahwa tersaring pelamar-pelamar yang ber-qualified.
Seleksi merupakan bagian dari proses penyusanan kepegawaian (staffying) dimana proses ini merupakan salah satu tugas penting dalam manajemen sumber daya manusia karena berfungsi untuk mendapatkan the right person in the right position at the right time. Istilah seleksi dimaksudkan “pemilihan tenaga kerja” yang sudah tersedia. Menurut Martoyo (1994), seleksi adalah pemilihan tenaga kerja yang sudah tersedia untuk mendapatkan tenaga kerja yang memenuhi syarat dan memiliki kualifikasi yang sesuai deskripsi jabatan dan atau sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sedangkan Schuler (1990) menyatakan bahwa seleksi adalah proses pengumpulan data tentang pelamar pekerjaan untuk menentukan siapa yang layak dikontrak untuk posisi jangka pendek atau jangka panjang.

Secara umum, tujuan seleksi adalah mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditentukan dalam sebuah organisasi agar mampu meningkatkan produktivitas perusahaan. Tujuan proses seleksi dalam beberapa point sebagai berikut :

1. Menjamin suatu perusahaan/ organisasi memiliki karyawan yang sesuai untuk suatu jabatan/ posisi pekerjaan
2. Memastikan keuntungan investasi sumber daya manusia perusahaan
3. Mendapatkan karyawan yang memiliki loyalitas dan berdedikasi tinggi serta bertanggung jawab dan mudah dipercaya.

II. Permasalahan 

Permasalahan yang terjadi dalam proses seleksi diantaranya sebagai berikut :

1. Sistem pendekatan apa saja yang digunakan dalam proses seleksi dan apa kelebihan serta kekurangan dari masing-masing sistem ?
2. Bagaiman prosedur proses seleksi (tahapan seleksi) secara umum dalam suatu perusahaan/ organisasi ?
3. Faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam proses seleksi ?


III. Pembahasan 

1) Secara umum jenis seleksi dibagi menjadi tiga yaitu seleksi administratif, seleksi tertulis dan seleksi tidak tertulis
    a) Succesive-Hurdles merupaka sistem seleksi yang dilakukan berdasarkan urutan testing, yakni jika pelamar tidak lulus pada suatu testing, maka si pelamar tidak boleh mengikti proses seleksi berikutnya atau dengan kata lain ia dinyatakan gugur (failed). Kelebihan dari proses ini adalah rendahnya biaya (cost) yang dikeluarkan untuk proses seleksi sedangkan kekurangannya terletak pada perusahaan hanya akan menilai sampai tahapan seleksi dimana si pelamar ber-qualified. Artinya perusahaan tidak menilai potensi lain yang mungkin ada di diri si pelamar di tahapan proses seleksi lainnya.

   b) Compensatory-Approach merupakan sistem seleksi yang dilakukan dengan cara pelamar mengikuti seluruh rangakaian proses seleksi, kemudian dihitung nilai arat-rata tes apakah mencapai stadar yang telah ditenukan atau tidak. Pelamar dinyatakan lulus apabila mencapai nilai standar dan sebaliknya. Kelebihan dari sistem ini adalah proses seleksi yang mudah dan cepat, sedangkan kekurangannya adalah biaya (cost) yang dikeluarkan untuk proses seleksi lumayan tinggi.

2) Prosedur proses seleksi secara umum di suau organisasi / perusahaan adalah sebagai berikut :

    a. Penerimaan pendahuluan 
    b. Tes-tes penerimaan, seperti tes pengetahuan dasar, tes psikologi, dan tes pelaksanaan pekerjaan
    c. Interview HRD
    d. Pemeriksaan referensi berupa data pengalaman pekerjaan
    e. Tes Kesehatan
    f.  Interview User
    g. Keputusan penerimaan

3) Faktor-faktor dalam proses seleksi 
    I. Faktor yang mempengaruhi proses seleksi 
        a) Kondisi penawaran tenaga kerja 
             Semakin besar jumlah pelamar yang ber-qualified, amak akan semakin besar peluang suatu perusahaan untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan sebaliknya.
      
        b) Faktor Eksternal
        - Faktor Etika : lebih condong karena ada hubungan keluarga atau teman dekat.(etika pemegang keputusan)
        - Faktor Ketersediaan Dana & Fasilitas 
        - Faktor Kesamaan Kesempatan : misalnya diskriminasi dalam perbedaan suku, ras, budaya, agama, umur, jenis kelamin, dan sebagainya.

        c) Perangkat Organisasi
        - Analisis Jabatan 
        - Perencanaan Sumber Daya Manusia
        - Pengadaan Tenaga Kerja (Rekrutmen)
  
   II. Faktor yang dipengaruhi proses seleksi 
       a. Orientasi
       b. Pengembangan
       c. Perencanaan Karir
       d. Penilaian Prestasi Kerja
       e. Kompensasi
       f. Perjanjian Kerja
       g. Pengawasan Personalia


IV. Kesimpulan dan Saran

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa seleksi adalah proses penentuan atau pemutusan pelamar / calon karyawan mana yang seharusnya diterima sesuai dengan kualifikasi yang sudah ditentukan oleh manajemen perusahaan dengan harapan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Pada dasarnya seleksi dilakukan untuk memberikan masukan bagi perusahaan dalam rangka mendapatkan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Saran dari saya adalah perlunya ditinjau ulang proses seleksi ini karena setiap perusahaan masih ada yang mempertimbangkan faktor seperti hubungan keluarga, teman dekat atau rekan kerja di perusahaan yang dulu atau membedakan ras, suku, agama, jenis kelamin karena hal seperti itu merupakan suatu tindakan diskriminasi terhadap seseorang karena menimbulkan suatu rasa bahwa tidaknya ada kesempatan yang diberikan untuk mengembangkan potensi yang ada yang seharusnya bisa dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

DAFTAR PUSTAKA

https://h0404055.wordpress.com/2010/04/02/msdm-seleksi/ (diakses tanggal 21 September 2016 pukul 21.45)

https://shelmi.wordpress.com/2008/10/25/proses-seleksi/ (diakses tanggal 21 September 2016 pukul 13.57)

http://hasthojn.blogspot.co.id/2012/07/bab-5-seleksi-orientasi.html (diakses tanggal 22 September 206 pukul 15.15)

Puspitasari, Rizki Amanda. 2014. Analisis Metode dan Prosedur Pelaksanaan Rekrutmen dan Seleksi untuk Mendapatkan Karyawan yang Bermutu. Malang: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Brawijaya

Hadiyasa, I Dewa Nyoman Rai. 2013. Pengaruh Proses Seleksi, Penempatan Sumber daya Manusia dan Kepemimpinan Terhadap Semangat Kerja Karyawan pada Villa Semana di Ubud, Gianyar. Bali; Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB)







No comments:

Post a Comment