Wednesday, September 7, 2016

Pentingnya Manajemen Sumberdaya Manusia ( MSDM )





Sumber Daya Manusia ( SDM ) merupakan faktor sentral/penting yang tidak dapat dipisahkan dalam suatu organisasi/perusahaan. Karena manusialah yang dapat menentukan nasib/arah suatu organisasi/perusahaan.
Hal ini dapat terjadi dikarenakan dalam mecapai tujuan organisasi tersebut manusialah yang menjalankan misi-misi organisasi tersebut. Olehkarena itu, diperlukan bidang ilmu yang dapat mengatur SDM sehingga sebuah organisasi/perusahaan dapat mencapai tujuannya yaitu Management Sumber Daya Manusia.

Manajemen Sumberdaya Manusia adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan atas pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja, dengan maksud untuk mencapai tujuan organaisasi perusahaan secara terpadu (Umar, Husein. 1997). Menurut T. Hani Handoko : Management Sumber Daya Manusia ( MSDM ) adalah penarikan, seleksi, pengembangan, pemeliharaan dan penggunaan SDM untuk mencapai tujuan – tujuan individu maupun Kelompok. Dengan katalain, MSDM dapat diartikan mengatur, mengurus SDM agar dapat tercapainya tujuan atau visi-misi dari sebuah organisasi/perusahaan.

Adapun Fungsi – Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia menurut Cherrington (1995:11) yaitu :

a. Staffing/Employment

Kegiatannya meliputi perencanaan, penarikan, dan seleksi sumber daya manusia. Perencanaan disini dimaksudkan setiap manajer bertanggungjawab untu mengantisipasi kebutuhan SDM dalam departmentnya. Penarikan SDM oleh Department SDM pun harus memenuhi Spesifikasi/kriteria yang diberikan oleh department terkait yang membutuhkan SDM tersebut. Setiap SDM yang melamar akan disaring/diseleksi melalui beberapa tahapan yaitu tes, wawancara maupun melihat latarbelakang SDM agar perekrutan tersebut berjalan lancar dan sesuai dengan spesifikasi yang telah diberikan oleh department terkait yang membutuhkan SDM tersebut.

b. Performance Evaluation

Setiap atasan bertanggung jawab untuk mengevaluasi bawahannya dan mengembangkan bentuk penilaian kinerja yang efektif. Departement SDM sendiri memiliki tugas memberikan pelatihan agar setiap atasan mampumembuat standart kinerja yang baik dan penilaian akurat.

c. Compensation 

Department SDM bertanguung jawab memastikan bahwa kompensasi yang diberikan bersifat kompetitif diantara perusahaan yang sejenis, adil, sesuai. dengan hukum yang berlaku (misalnya:UMR), dan memberikan motivasi.

d. Training and Development 


Departemen sumber daya manusia bertanggung jawab untuk membantu para manajer menjadi pelatih dan penasehat yang baik bagi bawahannya, menciptakan program pelatihan dan pengembangan yang efektif baik bagi karyawan baru (orientasi) maupun yang sudah ada (pengembangan keterampilan)

e. Employe Relations 

Departemen sumber daya manusia bertangguang jawab untuk menghadapi serikat pekerja dan melakukan negosiasi apabila diperlukan dan menghindari praktek-praktek tidak sehat.

f. Safety and Health 

Setiap Perusahan wajib untuk memiliki dan melaksanakan program keselamatan untuk mengurangi kejadian yang tidak diinginkan dan menciptakan kondisi yang sehat. Departemen sumber daya manusia mempunyai tanggung jawab utama untuk mengadakan pelatihan tentang keselamatan kerja, mengidentifikasi dan memperbaiki kondisi yang membahayakan tenaga kerja, dan melaporkan adanya kecelakaan kerja.

g. Personnel Research 


Departemen sumber daya manusia melakukan analisis terhadap masalah individu dan perusahaan serta membuat perubahan yang sesuai. Adapun masalah yang sering ditanggapi oleh Department SDM yakni penyebab ketidakhadiran Karyawan, Penyebab ketidakpuasan Kerja .

Dikarenakan Fungsi MSDM yang bervariasi sehingga terkadang suatu organisasi hanya menitik beratkan pada salah satu fungsi dimana tergantung sifat, ukuran, tujuan, termasuk visi dan misinya sebuah organisasi tersebut. Sebagai contoh Sebuah perusahaan yang relative kecil penerapan MSDM akan lebih menekankan kepada fungsi Staffing dan Performance Evaluation. Dimana salah satu komponen fungsi yang kurang diprioritaskan oleh organisasi tersebut yakni Training and Development. Padahal Taining and Development tidak kalah pentingnya dengan Staffing. Training and Development memiliki tujuh tujuan utama yakni : memperbaiki kinerja, meningkatkan Keterampilan karyawan, menghindari keusangan manajerial, memecahkan permasalahan, orientasi karyawan baru, persiapan promosi dan keberhasilan manajerial serta memberikan kepuasan untuk kebutuhan pengembangan personal.

Ketika suatu Department telah merencanakan kebutuhan SDM melakukan penarikkan dengan spesifikasi/keahlian khusus dan telah melakukan wawancara, tes dan melihat latarbelakang yang sesuai dalam hal ini melakukan Staffing. Hal yang pertama dilakukan seharusnya adalah Training (orientasi karyawan baru) dimana dengan pendekatan/pengenalan perusahan, budaya perusahaan maupun tugas yang akan dilaksanakan oleh SDM/karyawan tersebut agar dapat memaksimalkan potesnsi yang SDM/karyawan tersebut miliki. Dan untuk SDM/karyawan yang sudah lama/ada seharusnya diberikan Training and Development secara berkala dimaksudkan agar dapat mengembangkan potensi atau keahlian yang SDM/karyawan punya sehingga dengan berkembangnya keahlian, keterampilan dan kinerja SDM tersebut dapat memaksimalkan kinerjanya, meningkatkan produktivitas kerjanya dan akan berdampak baik bagi organisasi. SDM/karyawan tidak hanya dituntut untuk terus berkarya yang lebih atau beban kerja yang lebih tetapi harusnya diimbangi oleh Department SDM yang menyiapkan cara untuk mengembangkan potensi dan keahlian yang SDM miliki dengan melakukan Training and Development dan meningkatkan kualiatas SDM demi mencapai tujuan organisasi yang diinginkan.

Dengan kata lain, Sumber Daya Manuia merupakan faktor penting yang ada dalam sebuah organisasi. Namun diperlukan Management Sumber Daya Manusia agar organisasi dapat berjalan. MSDM berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM yang sangat berpengaruh terhadap produktivitas SDM yang dapat mempengaruhi suatu organisasi dalam pencapaian goal/tujuan organisasi. Dan Fungsi Management Sumber Daya Manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam sebuah organisasi demi tercapainya tujuan organisasi.

 

Daftar Pustaka


Anonim. 2014. Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia http://www.davishare.com/2014/12/makalah-manajemen-sumber-daya-manusia.html. Diakses pada : 06 September 2016

Anonim. 2016. Pengertian dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia. http://www.kajianpustaka.com/2016/02/pengertian-dan-fungsi-manajemen-sumber-daya-manusia.html. Diakses pada : 06 September 2016

Anonim. Definisi, Pengertian, Tugas & Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia / SDM - Ilmu Ekonomi Manajemen - Manajer MSDM. http://www.organisasi.org/1970/01/definisi-pengertian-tugas-fungsi-manajemen-sumber-daya-manusia-sdm-ilmu-ekonomi-manajemen-manajer-msdm.html Diakses pada : 06 September 2016

Hidayat, Manarul Taufik. 2015. Definisi dan Urgensi MSDM melalui SMK3. http://sdmberkualitas.blogspot.co.id/2015/09/definisi-dan-urgensi-msdm-melalui-smk3.html. Diakses pada : 06 September 2016

Sjafrimangkuprawira. 2008. Strategi Manajemen Pelatihan.Ronawajah Dalam : http://ronawajah.wordpress.com/2008/02/12/strategi-manajemen-pelatihan/. Diakses tanggal 06 September 2016

Anonim. 2011. Makalah Manajemen Pengembangan SDM.. https://psychosystem.wordpress.com/2011/02/09/makalah-manajemen-pengembangan-sdm/ Diakses tanggal 06 September 2016

4 comments:

  1. @A04-MAULANA

    Setelah membaca artikel anda, Saya dapat menarik kesimpulan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) sangat penting diterapkan dalam suatu perusahaan agar perusahaan tersebut dapat maju dan berkembang. Karena peran dari MSDM ini meliputi perencanaan, pengarahan, pengembangan dan pemeliharaan dari tiap SDM yang ada agar dapat berkontribusi dalam mencapai tujuan perusahaan.
    Metode-metode yang Anda jelaskan diatas juga dapat dijadikan acuan untuk merencanakan MSDM yang baik. Hanya saja mungkin perlu ditambahkan kembali contoh penerapan di perusahaan secara langsung.

    Wassalam.

    ReplyDelete
  2. @A13-RANIE
    materi yang dijelaskan pada materi ini sudah cukup menjelaskan dan dapat dimengerti, dapat diambil kesimpulan Manajemen SDM sangat berperan dalam sebuah perusahan.

    ReplyDelete
  3. Nama : Nurring Tyas

    Nim : 41617110119

    Menurut saya artikel diatas memiliki materi yang midah dimengerti pembaca dan dilengkapi mind mapping yg mengandung pokok-pokok dari artikelnya.
    Pengembangan msdm memang perlu adanya karena msdm merupakan hubungan yang mengatur/mengurus / mengorganisasi dalam suatu oranisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

    ReplyDelete
  4. Nama : Feralvin Satria L. H
    Nim : 41617110045

    Menurut saya artikel diatas memiliki materi yang midah dimengerti pembaca dan dilengkapi mind mapping yg mengandung pokok-pokok dari artikelnya.
    Pengembangan msdm memang perlu adanya karena msdm merupakan hubungan yang mengatur/mengurus / mengorganisasi dalam suatu oranisasi untuk mencapai tujuan organisasi.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.